Wabup Sukamara Buka Sosialisasi Peremajaan Sawit Rakyat

PEMBUKAAN : ENN/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Sukamara Ahmadi saat membuka sosialisasi Program PSR di Aula Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara. 

SUKAMARA – Wakil Bupati Sukamara Ahmadi membuka program peremajaan kelapa sawit pekebun (PKSP) atau peremajaan sawit rakyat (PSR) yang biasa disebut replanting yang digelar di aula Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, Sabtu 9 Januari 2021.

Ahmadi mengatakan bahwa program peremajaan kelapa sawit pekebun dinilai akan menjadi pondasi baru perkebunan sawit rakyat di Sukamara.

“Karena tidak hanya meremajakan atau replanting pohon pohon sawit tua, sudah berkontribusi terhadap devisa negara,” Jelas Ahmadi.

BACA JUGA:   Tangani Covid-19, Pemkab Sukamara Kucurkan Rp 10 Miliar

Ahmadi menjelaskan bahwa Kabupaten Sukamara memiliki potensi peremajaan 4000 hektar dengan tahun tanam 1997 1998 plasma KKPA KUD beringin Raya tahap 1 dan 4000 hektar tahun tanam 2001-2002 KKPA tahap II anggota KUD beringin jaya.

“Potensi ini menjadi perhatian khusus tim PSR Kabupaten Sukamara agar sesuai dengan Inpres nomor 6 tahun 2019 tentang rencana aksi nasional perkebunan kelapa sawit berkelanjutan tahun 2019-2024,” terang Ahmadi.

BACA JUGA:   Sukamara Masih Membutuhkan Banyak Pegawai Negeri Sipil 

Menurut Ahmadi, yang perlu dilakukan oleh tim PSR Kabupaten Sukamara adalah tindakan penguatan data, penguatan koordinasi, peningkatan kapasitas dan kapabilitas pekebun serta penerapan tata kelola perkebunan dan penanganan sengketa. (enn/beritasampit.co.id).