Bupati Barsel Ingatkan Pengelolaan Dana Desa

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST, saat memasangkan pangkat kepada PJ Kades Kalanis Esni Yulita SST,MM.

BUNTOK- Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri mengiatakan pengelolaan Dana Desa (DD) harus sesuai dengan aturan.

Pasalnya, pengelolaan DD tengah menjadi perhatian serius dari berbagai pihak termasuk dari aparat penegak hukum.

Oleh sebab itu, dirinya sangat mengharapkan kepada seluruh aparat pemerintahan desa untuk mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya. sehingga nantinya.

“Kita berharap akan terwujud tata kelola pemerintahan dan keuangan desa yang berkualitas serta dapat dipertanggungjawabkan,”jelasnya.

Hal ini diungkapkan Bupati saat melantik Pejabat (PJ) Kepala Desa (Kades) Kalanis Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Rabu, 13 Januari 2021 bertempat di aula Kantor Kecamatan Dusun Hilir.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, penunjukan PJ Kades Kalanis merupakan amanat dari undang-undang yang harus dilaksanakan dalam mewujudkan proses demokrasi ditingkat desa secara efektif dan efisien yakni sebagai sebuah proses demokrasi.

BACA JUGA:   Kakanwil Kemenag Kalteng Harap Pakta Integritas Pendorong Peningkatan Kinerja

Pengisian kekosongan Kades di Desa Kalanis ini, merupakan langkah awal dalam mewujudkan cita-cita awal pembangunan di Desa yaitu terwujudnya pembangunan desa yang sejahtera, maju dan mandiri.

Eddy berharap dengan ditunjuknya PJ Kades Kalanis ini dapat meningkatkan kinerja yang maksimal serta mampu mengimbangi tuntunan masyarakat dalam bidang pelayanan dan aspek pemerintahan desa.

Menurutnya, seiring dengan perubahan regulasi yang mengatur tentang desa dimana desa saat ini tidak lagi sebagai objek pembangunan dari pemerintah.

Tetapi lebih dari itu desa saat ini mempunyai peran penting, sebagai subjek pembangunan yang mempunyai hak dan kewajiban untuk mengatur urusan rumah tangganya.

“Pemerintahan Desa, diberikan dana yang cukup besar untuk dikelola dan dimanfatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat,”terangnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini menambahkan, kepada PJ Kades yang baru dilantik diharapkan mampu bisa bersinergi dengan masyarakat desa sehingga dalam seluruh kegiatan dan program yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik.

BACA JUGA:   Peduli Korban Banjir Kalsel, Warga Desa Baru Salurkan Bantuan

“Tentunya bisa bermanfaat, bagi kemajuan masyarakat Desa Kalanis itu sendiri dan pastinya dalam menjalankan tugas harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku,”jelasnya.

Sementara itu PJ Kades Kalanis yang baru dilantik Esni Yulita mengatakan, dirinya akan melanjutkan program yang sudah tersusun di RPJMDes dan RKPDes.

“Dengan harapan, semoga dengan diberikannya amanah ini Desa Kalanis kedepannya bisa lebih baik dan maju lagi baik dalam hal pembangunan maupun Sumber Daya Masyarakat (SDM),” harap Esni Yulita.

IST/BERITA SAMPIT – Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST, secara pribadi menyerahkan bantuan uang tunai kepada pengurus Masjid Nor Hidayat Kecamatan Dusun Hilir.

Usia melantik Pj Kades, Bupati juga menyerahkan bantuan uang tunai kepada pengurus Masjid Nor Hidayah setempat.

(Ded/beritasampit.co.id)