Vaksin Covid-19 Sudah Datang, Masyarakat Jangan Tegang

Ilustasi : Kang Maman

Ditulis Oleh : Maman Wiharja ( Wartawan Beritasampit.co.id )

ALHAMDULLILAH, salah satu senjata yakni Vaksin untuk mecegah virus Covid-19 atau lebih dikenal Corona sudah datang ke Indonesia.

Jumlahnya pun cukup terbilang banyak, tercatat sudah 15 juta vaksin covid-19 secara bertahap kini sudah didisistribusikan kesebagian Kabupaten se-Indonesia, termasuk ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Datangnya vaksin covid-19 ke daerah, pengamatan penulis disambut pro dan kontra oleh masyarakat. Sebagian masyarakat yang kontra menganggap vaksin belum sepenuhnya “Aman” dan memiliki efek samping apa bila orang di vaksin.

Hal ini lantaran masih banyak informasi dari media sosial (medsos) yang bertentangan dengan Vaksin ini. Bahkan tulisan dan Video mengenai Vaksin sempat viral.

BACA JUGA:   Indonesia Berduka, Refleksi Awal Tahun 2021

Tapi setelah diselusuri pemerintah, ternyata sejumlah tulisan dan video yang menyebar di beberapa medsos tersebut ternyata berita ‘HOAKS’.

Kemudian pernyataan Wakil Rakyat di DPR RI, seperti disampaikan Ribka Tjiptaning dari PDIP dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI dengan Menkes Budi, 12 Januari 2021, mengatakan penyuntikan vaksin tidak boleh dipaksakan kepada semua masyarakat.

Dan jika ada paksaan maka terjadi pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM), dan hebatnya lagi Ribka, siap membayar denda demi menolak keras vaksinasi kepada dirinya.

Fenomena ini semakin kompleks menjadi bahasan masyarakat, belum selesai soal Covid-19 kini datang lagi soal baru tentang Vaksin.

Masyarakat yang terus dibayang-bayangi ketegangan karena semakin banyaknya korban covid-19 dengan datangnya Vaksin bukan semakin tenang malah semakin tegang dengan pernyataan dan informasi yang belum tentu kebenarannya.

BACA JUGA:   Indikator Pendidikan Dengan Covid-19

Melihat fenomena kedatangan vaksin ke Indonesia yang semakin fenomanal ini, pengamatan penulis mari kita sambut dengan arip dan bijaksana. Karena pemerintah mendatangkan vaksin ke Indonesia tujuannya sangat mulia agar masyarakat, terhindar dari penularan virus covid-19 dan kembali semuanya sehat.

Yang jelas vaksin sudah datang masyarakat jangan tegang, mari kita sambut kedatangan vaksin Covid-19 dengan hati yang berjiwa besar, ihklas dan yakin bahwa vaksin covid-19 bisa menjadi pelindung tubuh kita untuk menolak masuknya virus covid-19.

Ingat, meski kita sudah divaksinasi tetap harus disiplin mentaati protokol kesehatan. SEMOGA.