Kodim 1013/Mtw Tumbuhkan Cinta Tanah Air dengan Cara yang Menyenangkan

MUARA TEWEH – Mempertahankan gelora jiwa bela Negara dan cinta tanah air para generasi milenial bukan perkara mudah. Untuk menjawab hal tersebut, dibutuhkan inovasi dan kreasi baru yang menarik yang mampu memacu kreatifitas dan membangun karakter generasi muda. Salah satu cara kreatif dan inovatif adalah Wisata Nusantara Matematika Bela Negara (WMBN), yang digelar di Makodim 1013/Mtw, Jl. A. Yani 56 Muara Teweh pada Kamis (14/01).

Kegiatan yang dihadiri para para perwira kodim 1013/Mtw dan guru pendamping beberapa sekolah yang diundang, dibuka langsung oleh Kasdim 1013/Mtw Mayor Inf Mahsun Abadi, mewakili Dandim 1013/Mtw, pada saat yang sama melaksanakan tugas di komando atas. Selengkapnya, peserta kegiatan WNMBN diikuti SMA 1 Muara Teweh, SMA 2 Muara Teweh, SMA 4 Muara Teweh, SMK 1 Muara Teweh, MAN Muara.

BACA JUGA:   Kodim Pangkalan Bun dan Polres Kobar Gelar Latihan Dalmas Bersama

Dalam kegiatan tersebut, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai sekolah asal. Kemudian diberi persoalan di tiap pos secara berurutan. Selain itu juga digelar kegiatan yang dapat merangsang berpikir supra rasional, penguatan kerja sama melalui permainan, menyelesaikan sejumlah persoalan tentang wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara yang dibuat dalam bentuk permainan dengan basis matematika.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Dandim 1013/Mtw yang diwakili Kasdim, menyatakan,”Wisata Nusantara Matematika Bela Negara ini adalah metode baru untuk menguatkan rasa cinta tanah air, memantapkan semangat bela negara dan memperdalam wawasan kebangsaan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan. Nilai-nilai yang dikembangkan selain hal tersebut di atas, adalah menumbuhkan semangat kerja sama, disiplin yang kuat, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan generasi”, tandasnya.

BACA JUGA:   Koramil 1015-17/Rtp Hadiri Pra Musrembang Tingkat Kecamatan

Lebih lanjut Kasdim menandaskan, setelah mengikuti kegiatan ini para peserta harus berubah dari sebelumnya. Setelah kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat menjadi pemberi pengaruh yang positif berupa keteladanan bagi rekan-rekan di sekolahnya.

Sementara itu, pendamping siswa dari SMA 1 Muara Teweh, Hamdani, saat memberi sambutan menyatakan, “Kami bersama pendamping lainnya sangat berterima kasih, diberi kesempatan mengikuti kegiatan ini. Kami meyakini sangat bermanfaat. Kami akan jadikan even ini sebagai pengalaman baru yang menyenangkan bagi siswa kami. Kita berharap, dengan kegiatan ini para siswa kami akan tumbuh semangat kebangsaan, cinta tanah air, semakin mantap semangat bela negara serta disiplin dalam segala hal. Sekali lagi terima kasih,” tandasnya mantap. (Rls)