Tim Relawan Kalteng Akan Fokus Dua Titik Bantu Korban Banjir Kalsel

IST/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalteng, Darliansjah saat memberikan arahan di halaman Kantor Pusdalops-PB BPB-PK Provinsi Kalteng.

PALANGKA RAYA – Untuk membantu korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tim Relawan Kalimantan Tengah (Kalteng) akan ditempatkan di dua titik posko, yaitu di daerah Banjar Baru dan Martapura. Hal ini menindaklanjuti instruksi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng, Darliansjah mengatakan, Tim Relawan Kalteng, dalam hal ini BPBPK, juga akan mendirikan dapur umum di kedua posko pengungsian masyarakat tersebut, dengan membawa peralatan seperti mobil portable air bersih, dapur umum, tenda, palbed, lampu lapangan (genset) dan mobil operasional.

“Tim Relawan yang saat ini akan diterjunkan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir di Kalsel, terdiri dari TRC Pusdalops BPBPK Prov Kalteng, personel TNI-Polri Relawan Muda Sugianto Sabran, Relawan NU, Relawan PMI, Relawan TSAK Bukit Tunggal, Relawan MPA Sabaru, Relawan Balakar 620, dan Relawan Balakar 654,” kata Darliansjah di halaman Kantor Pusdalops-PB BPB-PK Provinsi Kalteng, Minggu 17 Januari 2021.

Berdasarkan data dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 16 Januari 2021 hingga Pukul 10.00 WIB, sebanyak 7 Kabupaten/Kota terdampak banjir di Provinsi Kalsel, antara lain Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong. Tercatat sebanyak 27.111 rumah terendam banjir dan 112.709 warga mengungsi.

Darliansjah mengatakan, bahwa Gubernur Kalteng juga memberikan dukungan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak banjir di Provinsi Tetangga yaitu Kalsel berupa paket logistik sebanyak 2.300 paket dan dukungan berupa dana kedaruratan.

“Bantuan berupa paket logistik tersebut diangkut menggunakan jalur darat. Paket bantuan dari Gubernur Kalteng akan diserah terimakan kepada pihak Pemprov Kalsel melalui BPBD yang merupakan leading sektornya,” ucapnya. (Hardi/beritasampit.co.id).