Bidan Desa Diduga Minggat, Kades Bapinang Hilir Laut Akui Tak Mengetahui

PUSTU DESA : IST/BERITA SAMPIT - Pustu Desa Bapinang Hilir Laut, Kecamatan Pulau Hanaut, Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Bidan yang bekerja di Pustu Desa Bapinang Hilir Laut (BHL) Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), diduga telah minggat atau meninggalkan tugas. Bahkan, Kepala Desa setempat tidak mengetahui keberadaan bidan tersebut.

Informasi yang dihimpun Berita Sampit, bidan itu bernama lengkap Erfina Rika Lestari. Bidan itu kabarnya telah bekerja melayani warga desa dalam hal menjamin kesehatan kurang lebih 10 tahun.

Erfina bekerja di Puskemas Pembantu (Pustu) dan dibantu 2 perawat. Lokasi Pustu berada tepat di jantung desa padat penduduk dan tidak jauh dari kantor Desa BHL.

Namun, dalam beberapa hari tersiar kabar bahwa Erfina tidak lagi bertugas di Pustu bahkan diduga telah pindah ke Kecamatan Kota Besi. Yang disesalkan, tanpa ada pemberitahuan kepada Kepala Desa setempat.

BACA JUGA:   Organda Siap Koordinir Anggota Perbaiki Jalan Lingkar Selatan, Bupati Kotim: Sekarang Kita Bisa Terbitkan Surat Resminya

“Saya kaget karena baru dapat kabar kemarin (Sabtu, 16 Januari 2021) dari salah seorang warga desa, bidan desa katanya sudah pindah tugas ke Kota Besi,” ucap Kepala Desa BHL, Kadriansyah.

Menurutnya, semestinya bidan tersebut setidaknya ada pemberitahuan ke Pemerintah Desa setempat apabila ingin pindah tugas, bukan sebaliknya.

“Informasinya, bidan tersebut masih menunggu SK, apakah itu benar atau tidak karena yang bersangkutan sudah dihubungi melalui WA maupun via telepon belum ada balasan,” ujar Kadriansyah yang biasa disapa Ukad dengan nada kecewa.

BACA JUGA:   Cegah Stunting, Murid SDN 2 Baamang Tengah Dibagikan Obat Cacing

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kotim dr Faisal N Cahyanto menegaskan, bahwa pihaknya hingga kini belum menerima SK Erfina Rika Lestari. Selain itu, lanjutnya, yang bersangkutan belum juga membuat laporan.

“Tembusan SK pindah ke Dinkes belum ada dan yang bersangkutan belum melapor,” kata Faisal saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Wartawan Media Siber Berita Sampit mencoba menghubungi Erfina Rika Lestari ke nomor pribadi melalui WA untuk menanyakan kabar kebenaran tersebut. Namun, belum dibalas.

Bahkan, ditunggu kurang lebih 2 jam untuk membalas konfirmasi hingga berita ini ditayangkan belum ada juga jawaban. (ifin/beritasampit.co.id).