Pemuda Kotim: Pemekaran Provinsi Kotawaringin Untuk Percepat Pembangunan

IST/BERITA SAMPIT - Handi Wijaya, Tokoh Pemuda Kotawaringin Timur, Demisioner Ketua PD KMHDI Kalteng.

PALANGKA RAYA – Wacana pemekaran Provinsi Kotawaringin dari Provinsi Kalimantan Tengah beberapa hari ini hangat menjadi perbincangan jagad publik.

Handi Wijaya selaku pemuda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pun angkat bicara. Kata dia ini bukan wacana yang baru, melainkan sudah menjadi wacana lama. Sejak dari ia menjadi mahasiswa pun dirinya menjadi salah satu elemen masyarakat yang mendukung adanya pemekaran Provinsi Kotawaringin ini.

BACA JUGA:   Tak Kapok Dipenjara, Polisi Tangkap Residivis Kasus Narkoba di Sampit

Menurutnya, pemekaran Kotawaringin ini memerlukan beberapa tahapan bukan sekejap langsung jadi. Pemekaran ini juga merupakan salah satu solusi untuk mempercepat pembangunan.

“Kita sebagai pemuda harus mendorong adanya pemekaran wilayah. Wacana pemekaran wilayah ini keliru jika untuk memecah belah suku atau tidak menghargai perjuangan para leluhur. Malah kita tidak objektif jika tidak mendukung wilayah untuk suatu kemajuan,” ujar Handi yang juga mantan Ketua PD KMHDI Kalteng, di Palangka Raya, Senin 18 Januari 2021.

BACA JUGA:   Ada 4 Faktor Penyebab Laka Lantas, Begini Penjelasan Kasat Lantas Polres Kotim?

Dia menjelaskan jika pemekaran ini bisa terealisasi hingga jangka waktu 2-5 tahun bahkan 10 tahun ke depan. “Diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang, maka dari itu kepada seluruh masyarakat Kalteng persiapkan diri untuk mengisi setiap tempat nantinya jika dibutuhkan,” tutup Handi. (Aris/beritasampit.co.id).