Ketua Fraksi PKB Dorong Pemerintah Anggarkan Pembangunan Jalan di Hulu Katingan

JALAN. KAWIT/BS - Anggota DPRD Katingan Sugianto

KASONGAN – Ketua Fraksi PKB DPRD Katingan Sugianto mengatakan hingga sekarang keluhan infrastruktur jalan di wilayah utara terus menjadi PR pemerintah daerah.

Ia berharap pihak pemerintah, baik Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat menganggarkan dana rencana pembangunan ruas jalan di kawasan hulu Kabupaten Katingan, yang direncanakan bakal tembus sampai wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

“Harus ada keterlibatan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, terkait pembangunan jalan menuju arah Kalimantan Barat Barat (Kalbar) dari Katingan bagian hulu,” sebut Sugianto. Selasa 19 Januari 2021.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Katingan Tetap Terjaga dengan Baik

Dia optimis bila jalan tersebut bisa cepat terialisasi mampu mempercepat pertumbuhan eknomi masyarakat. Bahkan dari informasi yang ia himpun jalur menuju wilayah Kalbar yang dimungkinkan dapat dikerjakan itu ada dua alternatif.

Yakni melewati Desa Kiham Batang Kecamatan Katingan Hulu atau melewati Desa Tumbang Kaburai Kecamatan Bukit Raya. Bedanya kalau dari jalur Sanamang melewati Desa Kiham Batang sejauh ini sudah ada badan jalan sepanjang 43 kilometer, namun jika melewati Desa Tumbang Kaburai Kecamatan Bukit Raya belum ada badan jalan.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

Lanjutnya, jarak tempuh dari wilayah Kecamatan Katingan Hulu menuju perbatasan wilayah Kalbar, itu lumayan jauh kurang lebih dari 30 kilometer, itu jika dihitung dari desa paling ujung di jalur Sungai Sanamang yakni Desa Kiham Batang.

“Untuk itulah, kami berharap, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat untuk memperhatikan masyarakat di kawasan hulu, khususnya dalam pembangunan jalan,” ucapnya.

(Kawit/beritasampit.co.id)