Peduli Korban Banjir Kalsel, Warga Desa Baru Salurkan Bantuan

IST/BERITA SAMPIT - Aksi solidaritas penggalangan bantuan warga Desa Baru bagi masyarakat Provinsi Kalsel yang mengalami banjir.

BUNTOK – Bencana banjir, yang melanda beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menimbulkan keprihatinan yang mendalam, sehingga solidaritas dan kepedulianpun berdatangan dari berbagai pihak.

Salah satunya, termasuk dari warga Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang akan segera menyalurkan bantuan bagi masyarakat Kalsel yang terdampak banjir.

Ketua Masjid Jami Assa’Adah Desa Baru Fahrudin S.Pd.i kepada beritasampit.co.id Selasa, 19 Januari 2021 mengatakan, saat ini pihaknya masih menerima berbagai macam bantuan dari seluruh warga Desa Baru yang selanjutnya bantuan tersebut akan disalurkan ke posko-posko induk di wilayah yang terdampak banjir di Provinsi Kalsel.

“Seperti di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Barabai dan Kabupaten Banjar Martapura,” katanya.

Bantuan tersebut mulai terkumpul sejak Senin, 18 Januari 2021 dan Insya Allah bila tidak ada perubahan besok Rabu, 20 Januari 2021 sekitar pukul 07.00 WIB pagi rombongan akan berangkat ke lokasi untuk menyerahkan bantuan tersebut.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Pihak masjid Jami Assa’Adah Desa Baru sudah berkoordinasi dengan pihak posko-posko induk di wilayah Provinsi Kalsel yang terendam banjir, sehingga pada nantinya akan lebih mudah menyalurkan bantuan.

“Dengan terkumpulnya bantuan ini, atas nama seluruh warga Desa Baru kami harapkan bantuan ini nantinya bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak banjir di Provinsi Kalsel,” harap Fahrudin.

Sementara itu, Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Baru, Zainudin disela-sela kegiatan penggalangan bantuan tersebut mengatakan, bantuan yang saat ini telah terkumpul sumbangan dari warga Desa Baru diantaranya pakaian dewasa dan anak-anak, sarung, selimut, obat-obatan, lilin, air mineral, mie dan uang tunai.

“Sedangkan dari KSB Desa Baru sendiri bantuan yang akan diserahkan yakni, matras, terpal (tenda), selimut, pakaian dan sabun mandi,” jelas Zainudin.

Adapun untuk armada yang akan berangkat pada hari Rabu 20 Januari 2021 besok sekitar pukul 07.00 WIB lanjut Zainudin, satu unit truck, satu unit minibus dan satu unit ambulans Masjid Jami Assa’Adah Desa Baru, bantuan dari Provinsi Kalteng serta satu unit truk serba guna Dinsos Barsel.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

“Sedangkan untuk personel yang berangkat 15 orang yang terdiri dari KSB Desa Baru 5 orang, REMAS Masjid Jami Assa’Adah Desa Baru 5 orang dan Aparat Pemerintah Desa (Pemdes) Baru 5 orang,” bebernya.

Kata dia, aksi penggalangan bantuan untuk warga Provinsi Kalsel yang mengalami musibah banjir tersebut atas kerjasama seluruh Pengurus Masjid Jami Assa’Adah Desa Baru, REMAS Masjid Jami Assa’Adah Desa Baru, KSB Desa Baru serta seluruh lapisan warga Desa Baru.

Dengan harapan bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat terdampak banjir. “Selain itu juga semoga saja bencana banjir ini akan cepat berlalu, dan bagi saudara-saudara kita yang terdampak banjir bisa diberikan ketabahan,” pungkas Zainudin. (Ded/beritasampit.co.id)