Pemprov Kalteng Kerahkan 12 Personel Tenaga Medis Untuk Tangani Korban Banjir Kalsel

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul saat memberikan laporan terkait relawan yang akan berangkat ke Kalsel, di Loby Kantor Gubernur Kalteng.

PALANGKA RAYA – Dalam rangka membantu sesama, selain bantuan logistik dan relawan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) kini mengerahkan tenaga medis untuk membantu korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Suyuti Syamsul, Selasa 19 Januari 2021 di loby Kantor Gubernur Kalteng, dalam laporannya menyampaikan, sesuai arahan Gubernur Kalteng untuk mengirim bantuan Tim Pelayanan Kesehatan pada bencana banjir di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.

“Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng berperan serta dalam bantuan kegiatan penanggulangan dampak banjir dengan menurunkan tim kesehatan dan memberikan bantuan obat-obatan. Tim kesehatan yang diberangkatkan berjumlah 12 personel, terdiri dari 2 orang Dokter Umum dan 10 orang Perawat. Tim relawan yang diberangkatkan akan melaksanakan kegiatan selama 4 hari sejak tanggal 19-22 Januari 2021,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Undang Presiden Jokowi Panen Perdana di Food Estate

Dua orang Dokter Umum tersebut merupakan relawan dari RS Primaya Betang Pambelum Palangka Raya. Sedangkan, sebanyak 10 orang perawat merupakan relawan dari Alumni Politeknik Kesehatan Kemenkes Palangka Raya.

“Pemprov Kalteng sudah menyiapkan fasilitas kegawatdaruratan berupa tenda, kendaraan operasional dan pelayanan pengobatan pada masyarakat terdampak banjir,” katanya lagi.

Sementara itu, bantuan berupa obat-obatan untuk pengobatan dasar akan dibagikan ke posko-posko terkait yang kemudian didistribusikan untuk kebutuhan penanganan permasalahan kesehatan di masyarakat.

BACA JUGA:   Ivo : PKK Berperan Penting Bantu Percepatan Pembangunan

Selain itu penyerahan obat dan alat medis dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri kepada perwakilan relawan kesehatan. (Hardi/beritasampit.co.id).