Peran Babinsa di Wilayah Dalam Upaya Mensukseskan Vaksinasi Covid-19

PALANGKA RAYA – Vaksinasi Covid-19 merupakan program nasional, demi tercapainya keberhasilan dari Vaksinasi Covid-19 ini, dibutuhkan dukungan seluruh pihak dalam penyediaan SDM untuk melaksanakan pelayanan vaksinasi Covid-19 di wilayah.

Bentuk kegiatan ini merupakan salah satu penggunaan kekuatan TNI dalam rangka Operasi Militer Selain Perang atau OMSP dalam membantu Pemerintah pada kegiatan bantuan kemanusiaan (civic mission), khususnya penanggulangan bencana alam dan pengungsian, penanganan wabah penyakit, pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan atau Search And Rescue (SAR).

Kodim 1016/Palangka Raya melalui Koramil 1016-01/Pahandut dan jajarannya ikut serta dalam upaya pengamanan dan pengawasan vaksinasi bagi para tenaga kesehatan di tiap-tiap puskesmas yang telah ditunjuk.

Tampak Babinsa Kelurahan Bukit Tunggal Koramil 1016-01/Pahandut Serka Muhammad Arifin yang hadir mendampingi dan mengawasi para petugas medis dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19 bertempat di Puskesmas Kayon, jalan rajawali, Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya, Selasa (19/1/21).

Sementara itu Danramil Pahandut Mayor Inf Heru Widodo melalui Babinsa Serka M. Arifin mengatakan bahwa TNI ikut berperan aktif dalam membantu program pemerintah khususnya dalam pelaksanaan program vaksinasi covid-19.

“Harapan kami selaku TNI yang bertugas di wilayah, kedepannya mengimbau kepada masyarakat supaya jangan takut terhadap vaksinasi covid-19, yakin lah wabah ini secepatnya akan berlalu dan keadaan akan normal kembali,” cetusnya.

Pelaksanaan vaksinasi hari ini yang bertempat di puskesmas kayon sebanyak 9 orang, dengan keterangan 1 orang dokter, 3 orang perawat, 1 orang bidan serta 4 orang tenaga kesehatan lainnya. (Pendim 1016/Plk)