TPID Kalteng Pastikan Ketersedian Stok Bahan Pokok dan Jamin Kelancaran Distribusi

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri saat memimpin Rakor TPID Kalteng di Ruang Vicon Bajakah 2, Kompleks Kantor Gubernur Kalteng.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalteng melalui konferensi video dari Ruang Vicon Bajakah 2, Kompleks Kantor Gubernur Kalteng, Selasa 19 Januari 2021.

Rakor TPID ini digelar dalam rangka memastikan ketersediaan stok bahan pokok bagi masyarakat, dan jaminan kelancaran distribusinya dari dan keluar wilayah Provinsi Kalteng, terutama memperhatikan kondisi banjir yang sedang melanda Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan juga cuaca ekstrem yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

“Pertemuan ini adalah dalam rangka menyikapi dinamika iklim di Indonesia. Kita ketahui akhir-akhir ini terjadi gelombang besar, curah hujan yang cukup tinggi dan berdampak kepada bencana banjir di Kalimantan Selatan. Tentu kita harus segera melakukan monitoring, mengecek berkenaan dengan ketersediaan pangan kita, harganya, terus juga distribusinya,” tutur Fahrizal Fitri.

BACA JUGA:   Wakil Ketua Komite III DPD RI Tolak Keras Investasi Miras

Ketua Pelaksana Harian TPID Provinsi Kalteng, Fahrizal juga mengungkapkan, bahwa pertemuan ini diharapkan dapat lebih memperkuat koordinasi dan sinergitas para stakeholders (pemangku kepentingan) dalam mengamankan ketersediaan bahan pokok di Kalteng.

“Kita berharap koordinasi semua lintas sektoral untuk memastikan seluruh stok pangan kita pada posisi aman. Seandainya ada terkendala, tentu kita akan melakukan upaya-upaya bagaimana permasalahan itu bisa kita tanggulangi,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Mau Pesta Sabu-sabu, Dua Pria Ini Malah Diborgol Polisi

Fahrizal berharap tidak ada dampak dari pada kejadian banjir di Kalsel. “Dan ini perlu kita cermati karena distribusi berkenaan dengan sebagian besar barang-barang yang berada di Kalimantan Tengah, terutama Kalimantan Tengah bagian timur dan tengah ini cenderung bersumber dari Provinsi tetangga kita, Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Perlu diketahui acara Rakor ini diikuti secara virtual dari tempat kerja masing-masing, antara lain Kepala Perwakilan BI Kalteng Rihando, Pemimpin Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Kalteng Mika Ramba Kendenan, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya Catur Winarti, serta beberapa perwakilan dari peternak ayam, Hypermart, dan petani cabe. (Hardi/beritasampit.co.id).