Kotim Dinilai Lebih Siap Jadi Ibu Kota Provinsi Kotawaringin

IST/BERITASAMPIT - Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Bima Santoso.

SAMPIT – Rencana pemekaran Provinsi Kotawaringin yang akan memisahkan diri dari Kalimantan Tengah (Kalteng), menuai pro dan kontra dari berbagai pihak.

Kali ini giliran Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Bima Santoso angkat suara terkait wacana pemekaran tersebut. Ia menilai bahwa Kotim saat ini lebih layak untuk dimekarkan dan jadi ibu kota Provinsi Kotawaringin.

“Terkait wacana pemekaran provinsi Kotawaringin bagus saja, otomatis perekonomian akan berkembang pesat di daerah-daerah yang menjadi bagian pemekaran dan juga daerah yang selama ini terisolir, artinya kehidupan masyarakat akan berubah dan akan banyak sektor-sektor ekonomi baru bermunculan. Tetapi saya menilai Kotim lebih cocok jadi lokasi Provinsi Kotawaringin,” ucap Bima Santoso, Kamis 21 Januari 2021.

BACA JUGA:   Kotim Jadi Daerah Pertama Berlakukan Perda Prokes di Kalteng

Dikatakan dia, jika ingin ada pemekaran Provinsi Kotawaringin perlu melihat dari segi geografisnya dulu. Dimana saja daerah yang layak menjadi provinsi dan perlu dikaji lebih dalam lagi.

“Jangan sampai salah meletakan titik ibu kota provinsi, saya lebih cenderung Kotim yang layak menjadi provinsi baru jika dilihat dari segi geografis, ekonomi sudah masuk, tetapi tidak segampang itu. Pasti persaingan antar kota/kabupaten tetangga akan mengusulkan dan meminta tempat mereka yang menjadi provinsi,” ujar legislator jebolan Partai Kebangkitan Bangsa itu.

BACA JUGA:   Lumban Gaol Harap Rotasi Pimpinan SOPD Kotim Berdasarkan Kinerja

Sementara itu dari informasi yang ada, saat ini presidium pemekaran Provinsi Kotawaringin sedang berproses dan dalam tahap perbaikan kajian naskah akademik sebagai bahan pertimbangan kepada DPRD Provinsi dan Gubernur. (im/beritasampit.co.id).