Puan Berharap Pelantikan Joe Biden Perkuat Penanganan Covid-19 dan Perdamaian Dunia

Ketua DPR RI Puan Perlu. Dok Istimewa

JAKARTA– Ketua DPR RI Puan Maharani berharap pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat membawa dampak positif bagi penanganan pandemi Covid-19 di seluruh dunia, stabilitas perdamaian dunia, serta kemajuan bersama.

“Dunia perlu bersatu dalam menghadapi Covid-19. Dalam konteks itu. Saya berharap AS terlibat lebih dalam upaya bersama mewujudkan persatuan global untuk menangani pandemi Covid-19,” tutur Puan, Kamis, (21/1/2021).

Upaya tersebut, kata Puan perlu dilakukan bersama melalui berbagai forum multilateral dan menghindari langkah unilateral.

Politikus PDIP mengingat saat ini vaksin sudah mulai tersedia, selanjutnya perlu dipikirkan akses vaksin bagi semua negara di dunia (vaccines for all) tanpa melihat perbedaan negara, bangsa, suku, ras.

BACA JUGA:   Teras Narang Desak Pengesahan RUU Perlindungan Data Pribadi

Alumni Fisip Universitas Indonesia itu mengungkapkan, AS perlu berkoordinasi dengan negara-negara ekonomi utama untuk mempercepat pemulihan ekonomi global yang terdampak pandemi Covid-19.

“Koordinasi bersama dalam upaya global ini diperlukan untuk membangun dunia yang lebih baik pasca Covid-19. Hal ini untuk mewujudkan pembangunan berkualitas sehingga menurunkan kemiskinan dan ketimpangan, serta melakukan green recovery,” ungkapnya.

Selanjutnya, Puan menekankan bahwa AS harus berperan dalam menjaga suasana kondusif untuk mencapai stabilitas dan perdamaian global.

BACA JUGA:   Ketua MPR Ajak Pemerintah dan Masyarakat Bahu Membahu Atasi Bencana Alam

“Stabilitas di Asia Timur termasuk Laut China Selatan perlu dijaga berdasarkan kepatuhan terhadap hukum internasional. Selain itu, dukungan positif AS bagi solusi Palestina juga diperlukan untuk membantu Palestina mencapai kemerdekaannya secara penuh,” ujar Puan.

Sebagai negara yang sama-sama menjunjung demokrasi, rule of law, dan hak asasi manusia, Puan juga berharap kerja sama Indonesia-AS, baik antar pemerintah maupun di antara warga kedua negara (people to people contact) dapat terus dikembangkan.

“Tentunya kerja sama yang membawa manfaat konkret bagi rakyatkedua negara,” pungkas Puan Maharani.

(dis/beritasampit.co.id)