Sampit Masuk Cuaca Ekstrem, Berikut Imbauan Dinas Kesehatan

IM/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan, dr. Faisal Novendra Cahyanto.

SAMPIT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat selalu menjaga daya tahan tubuh dalam menghadapi cuaca ekstrem saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kotim, dr. Faisal Novendra Cahyanto mengatakan, saat ini sedang memasuki cuaca ekstrem yang bisa berubah-ubah setiap harinya. “Cuaca ekstrem ini mudah berubah, dari panas menyengat hingga hujan lebat,” ujar Faisal, Kamis 21 Januari 2021.

Dengan kondisi cuaca tersebut, kata dia, dikhawatirkan masyarakat rentan akan terserang penyakit seperti flu. Akibat perkembangan udara yang kotor, virus serta bakteri mudah terbawa oleh angin dan hujan. Apalagi saat Kotim masih berada di zona merah akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   Polisi Ringkus Seorang Pengoplos BBM di Sampit

“Masyarakat harus mengonsumsi makan-makanan bergizi seperti sayur, buah dan makanan berserat tinggi agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh,” ujarnya.

Selain itu, Faisal turut meminta warga agar waspada dengan penyakit demam berdarah dengue (DBD) saat musim hujan tiba.

Pada musim hujan biasanya warga lupa membersihkan tempat penampungan yang menjadi sumber genangan air di sekeliling rumah seperti kaleng bekas, botol, dan tempurung.

“Seminggu saja tak dibersihkan, dalam satu wadah bisa menampung ratusan hingga ribuan jentik nyamuk. Maka dari itu warga harus bisa sedini mungkin menerapkan 3 M,” tutur dr. Faisal.

BACA JUGA:   Status Tanggap Darurat Banjir di Kotim Diperpanjang

Dampaknya warga akan rawan terkena penyakit DBD. Maka dari itu, pihaknya mengingatkan masyarakat senantiasa menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Ditambahkan Faisal, dirinya memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah memberlakukan perilaku hidup sehat. Dari perilaku hidup sehat itu pada tahun 2020 lalu tercatat ada penurunan angka dari penyakit diare dan DBD menurun. (im/beritasampit.co.id).