Bupati Lamandau Harap POPNAS Provinsi Kalteng Menumbuhkan Minat Olahraga Pelajar

SAMBUTAN : IST/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Seleksi POPNAS Tingkat Provinsi Kalteng di Aula Bappeda Kabupaten Lamandau, Kamis 21 Januari 2021 malam.

NANGA BULIK – Bupati Lamandau Hendra Lesmana berharap kepada peserta kegiatan seleksi Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat dan Tenis Meja dapat terselenggara dengan sebaik-baiknya, sehingga menghasilkan atlet terbaik dan berbakat yang akan bertanding mewakili Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2021 di Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bangka Belitung.

Selain itu, Hendra berharap melalui kegiatan seleksi ini dapat menumbuhkan minat olahraga di kalangan pelajar sekaligus sebagai ajang bagi induk organisasi PTMSI dan IPSI Kalteng, khususnya Kabupaten Lamandau untuk mengidentifikasi atlet muda berbakat, dan selanjutnya dilakukan pembinaan secara berkesinambungan.

“Sehingga di kemudian hari atlet tersebut dapat berprestasi di tingkat nasional bahkan tingkat internasional,” kata Hendra dalam acara pembukaan Seleksi POPNAS Tingkat Provinsi Kalteng di Aula Bappeda Kabupaten Lamandau, Kamis 21 Januari 2021 malam.

Kegiatan pembukaan itu ditandai dengan pemukulan bola pertama pertandingan ekshibisi tenis meja oleh Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya berpasangan dengan Bupati Lamandau Hendra Lesmana melawan Dandim 1017/Lamandau Letkol Inf Hafes Isjafrin berpasangan dengan Ketua DPRD Kabupaten Lamandau M. Bashar yang juga menjabat sebagai Ketua PTSMI Kabupaten Lamandau.

BACA JUGA:   Kinerja ORI Dikritik, Olly Suryono : Anggota ORI Harus Berkualitas

Tampak hadir pula dalam acara ini, antara lain Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Guntur Taladjan yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Kalteng, Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Kalteng Falery Tuwan, Kepala Dispora Kabupaten Lamandau Luhut Tampubolon, Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lamandau Karyadi, dan Mewakili Ketua IPSI Kabupaten Lamandau.

Selain pertandingan ekshibisi tenis meja, acara itu juga menampilkan atraksi pencak silat dari atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kabupaten Lamandau Nurlita Umami. Seperti diberitakan, Nurlita pernah meraih juara I Kejurnas PPLP Cabor Pencak Silat Tingkat Nasional Tahun 2018.

Sementara itu, Seleksi POPNAS Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2021 untuk Cabor Pencak Silat akan digelar di GPU Lantang Torang, Nanga Bulik pada 22-23 Januari 2021. Sedangkan untuk Cabor Tenis Meja akan digelar di Aula Bappeda Kabupaten Lamandau pada 22-23 Januari 2021.

Peserta seleksi untuk Cabor pencak silat berasal dari 5 kabupaten/kota, yakni Palangka Raya, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Sukamara, dan Lamandau, dengan perincian 37 atlet putra dan 27 atlet putri.

BACA JUGA:   Tegas! Anggota Polisi Ketahuan Konsumsi Narkoba Dipidanakan

Untuk Cabor tenis meja, peserta seleksi berasal dari 9 kabupaten/kota, yakni Palangka Raya, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Sukamara, Barito Utara, Kapuas, Murung Raya, Katingan, dan Lamandau, dengan perincian 18 atlet putra dan 9 atlet putri. Namun demikian, informasi terakhir menyebutkan, atlet dari Kabupaten Katingan mengundurkan diri dari seleksi.

Kemudian untuk Dewan Juri Cabor pencak silat, berjumlah 15 orang yang berasal dari Palangka Raya 9 orang, Kotawaringin Timur 2 orang, Kotawaringin Barat 2 orang, dan Lamandau 2 orang. Sedangkan dewan juri Cabor tenis meja, berjumlah 10 orang yang berasal dari Palangka Raya 3 orang dan Lamandau 7 orang.

Kepala Dispora Kabupaten Lamandau Luhut Tampubolon melaporkan, sebanyak 13 atlet dari Lamandau telah lolos seleksi untuk mengikuti POPNAS XVI. Atlet pencak silat dari Lamandau yang baru akan mengikuti seleksi, terdiri dari delapan atlet putra dan enam atlet putri. Sedangkan atlet tenis meja dari Lamandau yang akan mengikuti seleksi, terdiri dari dua atlet putra dan dua atlet putri. (Hardi/beritasampit.co.id).