Cegah Banjir, Koramil 1015-14/KPB Kerja Bakti Bersihkan Sungai dan Saluran Air

SERUYAN – Kerja Bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan desa dengan melakukan pembangunan atau pembersihan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh warga.

Seperti kegiatan Personel Babinsa Koramil 1015-14/KPB Dan Danposramil 1015-14/KPB yang turut melaksanakan gotong royong bersama warga Desa Kartika Bakti untuk membersihkan sungai dan saluran air di Desa Kartika Bakti Kec. Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan, Jumat (22/01) pada pukul 07.00 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Pj Kades Kartika Bakti, Danposramil 1015-14/KPB, Babinsaramil 1015-14/KPB, Beserta masyarakat Desa kartika Bakti Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan.

Dikatakan Danposramil 1015-14/KPB Serka Ico,pembersihan aliran saluran irigasi kali ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan. Sehingga dilaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan saluran irigasi yang banyak ditumbuhi tanaman liar dan terdapat tumpukan sampah.

BACA JUGA:   Dorong Pengelolaan Keuangan Daerah yang Efisien, Efektif dan Transparan, Pj Bupati Seruyan Buka Bimtek

“Apabila aliran sungai dan saluran air di Desa Kartika Bakti tersumbat di musim penghujan seperti ini, maka air sungai akan meluap dan membanjiri perumahan di sekitar sungai. Pembersihan sungai ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan,” tegas Danposramil 1015-14/KPB.

Bukan hanya jalan, sungai juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. “Justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di sungai seperti ini, terlebih bila ada air menggenang, nanti lama-lama dijadikan sarang nyamuk. Dengan dilaksanakannya kerja bakti membersihkan aliran sungai dan saluran air di Desa Kartika Bakti ini dari berbagai kotoran atau sampah serta rumput yang mengganggu diharapkan air mengalir dengan lancar dan sungai juga terus terjaga kebersihannya,” jelas Danposramil 1015-14/KPB Serka Ico.

BACA JUGA:   Pemkab Seruyan Gelar Safari Ramadan di Kecamatan Danau Sembuluh

“Alhamdulillah pembersihan saluran irigasi cepat selesai, berkat kerja sama seluruh komponen masyarakat Desa Kartika Bakti. Dengan pembersihan ini, air pun menjadi lancar, sehingga dapat digunakan petani Desa Kartika Bakti untuk mengairi sawahnya tanpa khawatir kekurangan air lagi, ”pungkas Danposramil 1015-14/KPB.

Kegiatan pelaksanaan Bhakti sosial tersebut oleh Personel Koramil 1015-14/KPB berlangsung dengan aman, tertib dan terkendali, serta terjalinnya kerja sama dan hubungan yang humanis antara babinsa dengan warga binaan serta menumbuhkan semangat gotong royong. (rls)