Berjibaku Padamkan Api, Serda Eko Pujo Ingatkan Warga Tidak Membakar Sampah Sembarangan

PANGKALAN BUN – Cuaca terik dalam seminggu terahir di Kabupaten Kotawaringin Barat menyebabkan sejumlah titik lahan gambut mulai mengering dan dapat berdampak akan bahaya Kebakaran hutan dan lahan.

Apabila ingin membakar sampah pada cuaca panas seperti ini hendaknya harus berhati-hati. Sebab, api itu bisa menjalar ke rumput yang ada di sekitarnya.

“Seperti yang terjadi pada siang tadi (25/01/2021) di Jl. Gm Arsyad RT 18. A, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, diduga akibat sisa bakaran sampah, api menjalar ke lahan kosong dan sangat membahayakan rumah warga yang ada di sekitar,” ungkap Serda Eko Pujo Babinsa Kelurahan Baru Anggota Koramil 1014 – 01/Arsel.

BACA JUGA:   Koramil Pangakalan Banteng Sosialisasikan Penerimaan Prajurit TNI AD

“Diduga pembakaran sampah itu dilakukan oleh warga, kemudian api menjalar ke semak belukar di lahan kosong,” kata Serda Eko Pujo.

Dirinya menerima laporan dari masyarakat bahwa ada kebakaran lahan kosong di wilayahnya, dan langsung berkoordinasi dengan Instansi terkait untuk melakukan pemadaman.

“Bersama dengan Ketua RT. 18 A Kelurahan Baru dan Babinkamtibmas Polsek Arsel, serta bantuan dari warga sekitar dan 2 unit mobil damkar dan yang diturunkan, ahirnya api dapat di Padamkan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Menggunakan Sikomos, Koramil 1014 - 02/Kumai Himbau Warga Patuhi Prokes

Dirinya berpesan, kepada warga masyarakat yang tempat tinggalnya berdekatan dengan lahan kosong atau semak belukar di harapakan dapat menjaga kebersihan lingkungannya dan yang terpenting, jangan membakar sampah karena dapat menjalar dan menyebabkan kebakaran lahan. (Rls)