Tahun 2021, Pariwisata Lamandau Optimis Bangkit Kembali

ANDRE/BERITA SAMPIT : Kepala Dinas Pariwasata Lamandau Meigo

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui Dinas Pariwasata Lamandau optimistis untuk meningkatkan kembali pariwisata Lamandau dari pandemi COVID-19 pada awal 2021, seiring dengan penerapan protokol kesehatan pada destinasi pariwisata dan sarana penunjang.

“Kami optimistis Januari 2021 menjadi masa kebangkitan pariwisata Lamandau,” kata Kepala Dinas Pariwasata Meigo, Senin 25 Januari 2021.

Ia menyatakan, sejak beberapa waktu yang lalu, sejumlah destinasi wisata di lamandau sudah beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pemerintah terus membimbing dan mengevaluasi penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata, Bahkan pemerintah selalu memberikan sosialisasi kepada usaha untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan baik di wilayah wisata.

Meigo menjelaskan, Usaha-usaha itu diyakini mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung untuk mengunjungi Lamandau. Karena di masa pandemi, pengunjung mengutamakan keselamatan dan keamanan berwisata agar terhindar dari paparan Virus Corona.

Meigo mengatakan, terdapat tiga tahap penanganan COVID-19, yaitu tanggap darurat, pemulihan, dan normalisasi.

Dalam tahap tanggap darurat, pemerintah fokus mengalokasikan anggaran untuk memberikan bahan pokok kepada masyarakat yang mengalami dampak sosial.

“Masa ini sudah berlalu, dan syukurlah pemerintah tidak lepas tangan dalam menangani COVID-19 di lamandau,” ujarnya.

Kemudian, pada masa normalisasi, pihaknya menargetkan dimulai pada awal 2021 seiring masa kebangkitan pariwisata Lamandau.

Ia mengajak semua pelaku usaha di sektor pariwisata untuk memperketat protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Mulai usaha pariwisata seperti kerajinan tangan, dan sebagainya, diminta melengkapi fasilitas pendukung protokol kesehatan,” pungkasnya.

(Andre/beritasampit.co.id)