Dewan Dorong Penggunaan Dana Desa Perkuat Pemberdayaan Masyarakat

LULUS/BERITA SAMPIT- Ketua DPRD Murung Raya, Doni SP., M.Si

PURUK CAHU – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya (Mura) Doni berharap agar penggunaan Dana Desa (DD) dapat berimplikasi positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerahnya, khususnya di Kabupaten Mura.

“Harapan kita dengan semakin besarnya Dana Desa yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat kepada pemerintah desa ada progress positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakatnya, bukan kesejahteraan aparatur desa atau kepala desa,” ungkap Doni, Rabu 27 Januari 2021.

BACA JUGA:   Gelar Musda PAN Ke-V Secara Virtual, Darmaji Kembali Terpilih Jabat Ketua DPD PAN Mura

Bendahara DPC PDIP Kabupaten Mura ini meminta pihak pemerintah desa dalam melakukan penyerapan dan penggunaan Dana Desa dapat membuat program dan kebijakan untuk melakukan pemberdayaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Beberapa desa dalam penggunaan DD yang prinsipnya asal bisa terserap tanpa melihat bagaimana manfaatnya. Namun ukuran atau indikator kesejahteran ini tidak pernah bisa terlihat contohnya seperti meningkatkan SDM dan melihat potensi desa dari sisi UKM yang dimiliki,”sebut Doni.

BACA JUGA:   Murung Raya Berduka, Istri Wakil Bupati Ibu Suhartini Tutup Usia

Ia melihat sebagian besar penggunaan dana desa, selama ini porsinya lebih dominan untuk pembangunan sarana dan prasarana umum, yang menyangkut pembangunan fisik semata.

“Dari satu sisi, masyarakat mengakui bahwa kita ingin pemberdayaan namun di sisi lain mereka juga mengeluhkan kurangnya akses dan infrastruktur, tetapi antara pembangunan infrastruktur dengan pemberdayaan secara umum, kami ingin mendengarkan juga bagaimana bisa disesuaikan dengan kondisi di desa,”Tandasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)