Satu Pencuri Sawit Ditangkap, Tiga Pelaku Melarikan Diri

IST/BERITA SAMPIT - MO bersama barang bukti buah sawit curiannya

SAMPIT – MO (39) Satu dari 4 orang pencuri kelapa sawit milik PT Windu Nabatindo Lestari (WNL), Desa Keruing Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur(Kotim), tak berkutik saat petugas dari sekuriti perusahaan menangkapnya, sedangkan tiga orang rekannya berhasil meloloskan diri, Senin 25 Januari 2021.

Kapolres Kotim, AKBP Abdoel Harris Jakin, melalui Kapolsek Cempaga Hulu, Iptu Taufik Hidayat membenarkan, bahwa pihaknya telah menerima laporan dan mengamankan seorang tarsangka pencuri buah sawit milik PT. WNL.

“Terlapor kini telah kita tahan di Polsek Cempaga Hulu,”katanya Rabu 27 Januari 2021.

Kasus pencurian kelapa sawit milik PT. WNL ini terungkap pada senin 25 Januari 2021, ketika itu salah seorang karyawan dari bagian pemanen mau melakukan panen buah di blok E44, ternyata tandan buah sawit di blok tersebut sudah dipanen oleh orang lain.

BACA JUGA:   MGMP SMP/MTs Mentaya Hagatang Persiapan Buat Soal Ujian Sekolah

Mengetahui hal itu, kemudian kejadian tersebut dilaporkan ke pihak manajemen yang kemudian bersama security melakukan pengecekan dilahan perbatasan dengan lahan masyarakat, dan menemukan ada tumpukan buah sawit.

Pada saat itu tersangka MO bersama tiga orang rekannya berada dilokasi yang kemudian petugas menanyakan siapa yang memanen buah sawit tersebut.

Tak bisa mengelak lagi akhirnya tersangka mengakuinya bahwa telah memanen buah sawit milik perusahaan bersama temannya hari minggu tgl 24 Januari 2021 malam.

BACA JUGA:   Pengurus PC PGRI MB Ketapang Usulkan Kantor Sekretariat

“Ketika diminta menunjukan dimana lokasi mereka memanen, tiga orang rekan terlapor berhasil melarikan diri, dan petugas hanya berhasil menangkap terlapor,” ujarnya.

Dalam aksinya, MO dan rekannya telah memanen sekitar 108 tandan buah sawit, akibat kejadian tersebut pihak perusahaan mengalami kerugian materil sebesar Rp 4.536.000.

“Saat ini kita masih menggali keterangkan medalami keterangan tersangka, kita juga melakukan pengejaran kepada tiga rekan tersangka yang identitasnya telah kami kantongi,” tandasnya.

(Cha/beritasampit.co.id)