Awal Tahun 2021 Damkar Lamandau Evakuasi Delapan Sarang Tawon

IST/BERITA SAMPIT : Evakuasi sarang tawon berjenis Tawon Vespa Affeinis di salah satu rumah warga, di Kelurahan Bulik.

NANGA BULIK – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Lamandau kembali mengevakuasi delapan kali sarang tawon berjenis vespa affinis yang kerap meresahkan warga dan juga pengguna jalan.

Kepala Satpol PP dan Damkar Lamandau Triadi melalui Kasie Penyelamatan dan evakuasi korban, Sonny leo Chrisfunny mengatakan, keberadaan sarang tawon berjenis vespa affinis dalam dua pekan terakhir sudah mendapat delapan kali laporan dari warga.

“Sampai pekan ini kita sudah mendapat delapan kali laporan dari warga keberadaan sarang tawon vespa affienis ini, dan syukurlah tidak ada korban,” ucap sony

Sony menjelaskan keberadaan sarang tawon tersebut juga kerap meresahkan pengendara yang melintas, dan warga sering melaporkan pun ketika sarang tawon tersebut sudah mencapai berdiameter 60 sentimeter.

“Kita evakuasi hampir setengah jam dan untunglah tidak ada korban dalam evakuasi dan juga sebelum di evakuasi” ujar Sony

Adapun tawon berjenis vespa affinis ini merupakan jenis tawon yang berbahaya karena sengatannya dapat menyebabkan kematian.

Berdasarkan data tahun 2020, sony menyebutkan ada 20 kali evakuasi, dan di tahun 2019 sebelumnya 39 kali evakuasi, sedangkan awal tahun 2021 ini sudah 8 kali evakuasi sarang tawon vespa affienis

Ia menuturkan sengatan tawon jenis tersebut sebelumnya telah menewaskan satu orang di warga kelurahan bulik dalam waktu dua tahun terakhir ini dan berharap warga tetap waspada terhadap sarang tawon tersebut.

(Andre/beritasampit.co.id)