Seekor Bayi Lutung Cantik Diserahkan Warga Sampit Ke BKSDA

IST/BERITA SAMPIT - Seekor bayi Kelasi jenis Lutung Merah yang merupakan hewan langka Kalimantan, yang diserahkan ke Pos Jaga BKSDA Kalteng, Kamis 28 Januari 2021.

SAMPIT – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Kalimantan Tengah, menerima penyerahan secara sukarela seekor bayi Kelasi atau Lutung Merah, oleh Suyono, warga jalan Pelita Barat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Penyerahan hewan primata tersebut dilakukan langsung Suyono kepada Komandan pos jaga BKSDA Sampit, Muriansyah, yang datang ke rumahnya, Kamis 28 Januari 2021, sekitar pukul 17.12 Wib sore.

BACA JUGA:   Dua Desa di Parenggean Jadi Titik Baru Banjir, Muka Air Hingga 1,5 Meter

Berdasarkan pengakuan Suyono, bayi Lutung Merah tersebut didapatnya dari warga yang sedang peladang di daerah Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Induknya diduga kuat dibunuh warga karena memakan kebun sayur milik warga.

“Karena kasihan, bayi Kelasi tersebut dibawa pak Suyono ke Sampit, dan baru satu hari dirawat lalu diserahkan ke kita BKSDA,” kata Muriansyah.

BACA JUGA:   Suprianti Rambat Beri Kode Siap Berpasangan dengan Rudini Darwan Ali di Pilkada Kotim

Bayi Lutung Merah yang diperkirakan berusia 1 bulan dengan jenis kelamin jantan ini, rencananya pada hari ini juga akan dibawa ke Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). (Cha/beritasampit.co.id).