Nurul Edy Sebut Food Estate Diharapkan Melahirkan UKM di Desa

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy saat memberikan sambutan

PALANGKA RAYA – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy selaku perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan dukungan dan harapan kepada para petani Desa Talio Hulu, untuk bersama-sama membangun Kalimantan Tengah dan turut serta berpartisipasi mendukung kesuksesan pembangunan Food Estate yang ditunjuk Presiden RI Joko Widodo sebagai salah satu wilayah Ketahanan Pangan Nasional.

Hal ini diungkapkan Nurul Edy, saat menghadiri Panen Perdana pada lokasi Demonstration Farm Pemanfaatan Lahan Gambut Terdegredasi untuk produksi padi di Desa Talio Hulu, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Pada Hari Kamis, 28 Januari 2021,

“Kita ini ingin maju, ingin sejahtera, kita harus bisa mandiri pangan. Artinyaya, bahwa daerah kita ini sangat potensi pangan, tidak hanya padi saja, tetapi banyak yang lain-lainnya. Istilah yang popular saat ini adalah Food Estate, ada tanaman pangan (terdiri dari) padi, sayur-mayur, kemudian nanti perikanannya, peternakannya, dan seterusnya”, kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy.

BACA JUGA:   Kecam Aksi Bom di Makassar, Ketum HMI Palangka Raya: Itu Memecah Belah Umat

Edy menambahkan bahwa dengan adanya Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bertajuk Food Estate (FE), dan BRGM RI melalui kegiatan Demonstration Farm (Demfarm) diharapkan juga mampu melahirkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, secara khusus di wilayah Desa Talio Hulu dan Kecamatan Pandih Batu, yang kedepannya juga dapat berdampak baik bagi kemajuan Kabupaten Pulang Pisau.

“Begitu juga dengan tanaman-tanaman, yang tidak hanya melahirkan buah jeruknya yang dibawa, tetapi juga nanti lahir UKM-UKM kecil di desa ini, dan tentu juga semua institusi yang terkait bergerak bersama-sama untuk membina itu. Sehingga harapan kita bahwa yang namanya pembangunan itu yang berawal dari desa, saya kira semangat itulah yang harus kita bangun,” ucapnya.

BACA JUGA:   LPTQ Kalteng Siapkan Kafilah Hadapi MTQ Nasional

Usai melakukan panen perdana, Kepala BRGM RI bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng melakukan dialog dengan para petani.

Kegiatan ditutup dengan acara makan siang dan ramah tamah singkat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Turut hadir dalam kegiatan Panen Perdana ini antara lain Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Sekretaris Desa Talio Hulu, dan para kelompok tani Desa Talio Hulu.

(Hardi/Beritasampit.co.id)