Peduli Banjir Kalsel, Hanafi : Warga Antusias Terima Relawan Katingan

IST/BERITA SAMPIT - H Hanafi saat berdialog diposko induk penanggulangan banjir di Kabupaten Hulu Sungai.

KASONGAN – Warga antusias menyambut kedatangan para relawan gabungan asal Katingan, para warga merasa terbantu dengan adanya relawan tersebut. Bahkan tak tanggung-tanggung Relawan Gabungan Katingan ini selain membantu sembako, juga menyiapkan peralatan penangan pasca banjir.

Hal ini diungkapkan langsung Anggota DPRD Katingan H Hanafi yang ikut langsung membantu warga di Kabupaten Hulu Sungai. Ia menuturkan hingga sekarang pihak terus bekerja keras membersihkan puing-puing pepohonan dan bangunan yang rubuh serta membersihkan sisa tumpukan tanah longsor terbawa arus akibat banjir beberapa waktu yang lalu.

“Iya ini hari ke empat kami di Kecamatan Hantakan, alhamdulilah respon warga sangat antusias menerima relawan Katingan. Sekarang para relawan sedang membersihkan tumpukan tanah yang longsor akibat banjir, saya juga sudah turunkan alat berat untuk memudahkan proses evakuasi ini,” ungkap Hanafi dengan beritasampit.co.id.

BACA JUGA:   Siswa SMA Negeri 2 Kasongan Bagikan 200 Paket Takjil untuk Masyarakat

Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Katingan ini juga menjelaskan, hingga sekarang bantuan dari semua elemen masyarakat terus berdatangan untuk membantu warga terdampak banjir. Kendati demikian, ia juga mengakui proses evakuasi pasca banjir cukup terkendala tertutama jumlah relawan.

“Kalo bantuan sembako alhamdulilah banyak sekali tersalurkan oleh kawan-kawan, cuman sekarang ini yang kami rasakan di lapangan jumlah relawan masih kurang sehingga sangat diperlukan para relawan agar proses pembersihkan ini cepat selesai,” terangnya.

IST/BERITA SAMPIT – H Hanafi (baju Putih) bersama tim relawan asal Katingan saat istirahat membersihakan puing-puing sisa banjir di Kalsel.

Pihaknya menargetkan akan berada satu minggu di lokasi banjir untuk membantu warga, dirinya juga sangat bangga melihat jiwa gotong royong para relawan dan masyarakat saling membantu.

“Sangat luar biasa semangat gotong royong dan kemanusian saat ini, warga dan relawan saling bantu membersihkan rumah warga, fasilitas umum, rumah ibadah dan sekolah, Kami rencanya selasa atau rabu depan baru pulang ke Katingan artinya sekitar 7 hari disini,” jelasnya.

BACA JUGA:   Satpol PP Katingan Imbau Pengusaha Tidak Menjual Miras Selama Ramadan

Diketahui sebelumnya, Pemerintah daerah Kabupaten Katingan mengirimkan bantuan bentuk tenaga dan peralatan seperti, mengirim dua  buah mobil tangki air bersih dari BPBD, dua bus, dua mobil Hilux, dan satu unit eksavator dan Dam Truk. Kemudian, untuk tenaga ada berjumlah 47-50 orang  perseonil tenaga relawan termasuk tenaga tukang masak persiapan dapur umum.

Tim Relawan Gabungan ini terdiri dari Muhammadiyah Katingan yang di pimpin oleh Edi Rahmad Sosiawan, relawan dari PC NU Katingan dipimpin  Nur Ifansyah, Relawan dari DPD Lasqi Katingan, dan relawan dari warga, serta turut menjadi relawan juga yaitu anggota DPRD Katingan H Hanafi, pemilik dari satu unit eksavator dan Dam Truk.

(Kawit/Beritasampit.co.id)