BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem, Hujan Disertai Petir dan Angin kencang

IST/ BERITA SAMPIT - Prakirawan Cuaca BMKG Kalteng, Roland Binery.

PALANGAKA RAYA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem 30 wilayah di Indonesia. BMKG memprediksi 18 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat disertai dengan petir dan angin kencang.

Sedangkan 12 wilayah lainnya diprediksi berpotensi turun hujan disertai dengan petir sampai angin kencang. Salah satunya di Wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang

Prakirawan Cuaca BMKG Kalteng, Roland Binery, mengungkapkan bahwa, kondisi cuaca umumnya, berawan hingga hujan ringan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di hampir seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

Suhu udara berkisar antara 22°C– 31°C. Kelembaban udara berkisar antara 60% – 100%. Angin umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 10 – 20 km/jam.

“Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah hampir seluruh wilayah Kalteng dengan prospek tinggi gelombang mingguan di wilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah berpotensi sekitar 0.5 – 3.0 meter rendah, sedang,” terangnya. Minggu, 31 Januari 2021

Dirinyapun, menambahkan bahwa waspada adanya potensi genangan air, banjir dan pohon tumbang akibat terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kalimantan Tengah.

“Waspada adanya pertumbuhan awan konvektif (awan Cumulonimbus) yang dapat berpotensi hujan dan menimbulkan angin kencang, serta menambah tinggi gelombang di wilayah Pesisir dan Perairan Selatan Kalteng. Dengan gelombang berkisar antara 0.5 – 3.0 meter di wilayah Perairan Selatan, Dihimbau kepada masyarakat pesisir agar berhati-hati ketika beraktivitas di laut”

(M.Slh/Beritasampit.co.id)