Bupati Seruyan Dukung OFI Gelar Hari Primata 2021 di Danau Seluluk

Foto Dok OFI/BERITA SAMPIT - Kegiatan Hari Primata Indonesia 2021 di sekitar Danau Seluluk Desa Derangga Kecamatan Hanau Kebupaten Kobar. (Ilustrasi Desain : Maman )

PANGKALAN BUN – Bupati Seruyan Yulhaidir mengapresiasi dan mendukung Orangutan Foundation International (OFI) menggelar Hari Primata Indonesia 2021 di sekitar Danau Seluluk Desa Derangga Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan.

Demikian diungkapkan Presiden OFI Prof Dr Birute Mary Galdikas yang diwakili Dorprawati Siburian, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Seruyan Yulhaidir atas dukungannya sehingga acara Hari Primata Indonesia 2021 berjalan sukses.

Ia menjelaskan kenapa Seruyan dipilih menjadi lokasi tempat kegiatan, kerena memang wilayah Kecamatan Hanau, berdekatan dengan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), menjadi penopang TNTP sehingga dalam kegiatan ini sangat cocok untuk menyampaikan penyuluhan khusus kepada generasi penerus bangsa yakni anak-anak sekolah, untuk lebih dekat dengan habitat orangutan.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Pihaknya juga merasa terbantu dengan dukungan Dinas Pariwisata Kabupaten Seruyan, serta Balai TNTP Wilayah Kerja Hanau serta seluruh Unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Hanau.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak mulai dari Pak Camat, Pak Kapolsek dan Pak Danramil, serta Kepala Desa Derangga dan aparat desanya, serta masyarakat yang luar bisa ikut langsung kelapangan mensukseskan Hari Primata Indonesia 2021,” ucapnya.

“Selain itu kami juga berterimakasih kepada staf BPD Derangga, Kepala Adat Derangga , Perwakilan Guru SMAN-1 Hanau serta perwakilan Anak Sekolah Anggota Konservasi (ASAK) SMAN-1 Hanau, Kepala Sekolah SDN-1 dan Kepala Sekolah SDN-2 Derangga, Perwakilan Desa terdekat yaitu Desa Pembuang Hulu 1, Pembuang Hulu 2, Asam Baru, Bahaur,” kata Dorprawati.

BACA JUGA:   Prihatin dengan Harga Beras Semakin Naik, Paguyuban Tionghoa Pangkalan Bun Distribusikan 10 Ton Beras Murah ke Masyarakat

Selain kampanye Orangutan juga difokuskan dengan melaksanakan penghijauan, menaman sekitar 1.500 bibit pohon kayu local Kalimantan seperi kayu Balangeran, Bungur, Ndoking, dan kayu Mahoni.

Sementara itu Camat Hanau Titok Kurdias, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kepada OFI yang telah melaksanakan kegiatan Hari Primata Indonesia 2021 di Danau Seluluk Desa Derangga Kecamatan Hanau.

“Apalagi kegiatannya diwarnai dengan menanaman 1.500 bibit phon, disekitar wilayah Danau Seluluk, yang juga telah menjadi aset wisata andalan Kabupaten Seruyan karena disekitar danau yang hutan dan alamnya masih tidak banyak disentuh manusia, dapat banyak dijumpai jenis primata seperti Orangutan, Beruk, Monyet, Bekantan, Uwak-uwak, Lutung,” pungkasnya.

(man/beritasampit.co.is).