Orang Utan Masuk ke Sawah Warga Desa Lempuyang Berhasil Ditangkap

IST/BERITA SAMPIT - Tim rescue telah berhasil menangkap Orang Utan yang memasuki persawahan warga di Desa Lempuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Minggu 31 Januari 2021.

SAMPIT – Warga Desa Lempuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah dihebohkan dengan kemunculan seekor orang utan dewasa di sekitar sawah.

Hal ini diketahui ketika ada warga yang hendak memancing di sekitar persawahan, tak sengaja mereka melihat seekor orang utan sedang bermain tiang kayu di atas sungai.

Hewan primata tersebut tampak tidak takut saat ada warga yang mendekat, momen ini juga diabadikan warga dengan berselfi dengan jarak yang cukup dekat dengan hewan tersebut.

Namun sangat memprihatinkan, meski hewan itu terlihat sehat, namun ada luka sobek yang menganga cukup besar dibagian kepalanya.

Menindak lanjuti laporan kemunculan satwa dilindungi tersebut, Komandan Pos Jaga Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit, Kalimantan Tengah, Muriansyah menerangkan, bahwa tim dari rescue dari BKSDA Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar) telah meluncur ke lokasi.

“Orang utan tersebut telah berhasil kami tangkap, dan kemudian kita evakuasi,” kata Muriansyah, Minggu 31 Januari 2021.

Meski terlihat sehat, orang utan berjenis kelamin jantan tersebut tetap harus mendapatkan perawatan yang intensif, mengingat ada luka sobek cukup besar dibagian kepalanya.

“Tim menangkap dengan menembakan suntikan bius, kini hewan tersebut telah diamankan dan telah mendapatkan perawatan,” tandasnya. (Cha/beritasampit.co.id).