Besok, Vaksinasi Covid-19 di Kobar

Ilustrasi Kang Maman.

PANGKALAN BUN – Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan dilaksanakan Selasa 2 Februari 2021. |Hal ini dibenarkan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kobar Rody Iskandar.

“Kegiatannya besok Selasa 2 Februari 2021, di Puskesmas Madurejo akan dihadiri langsung oleh Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah serta unsur Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Barat,” kata Rody Iskandar.

Menurut Rody Iskandar, kegiatan ini akan disiarkan langsung/live streaming melalui Youtube Dinas Kominfo Kabupaten Kotawaringin Barat. Sedikitnya 10 orang pejabat dari unsur Forkimpda, Tokoh Agaman dan Tokoh Masyarakat akan menjadi peserta vaksinasi yang pertama, sehingga vaksinasi ini dapat diikuti seluruh masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat sesuai ketentuan.

Sebanyak 10 penjabat yang pertama siap disuntik vaksin, masing-masing dari Perwakilan dari DPRD. Perwakilan dari Kodim 1014 PBun, Polres Kobar, Kejaksaan, TNI AU Iskandar, Perwakilan dari Pengadilan Agama Kotawaringin Barat. Perwakilan dari Pemkab Kotawaringin Barat, Perwakilan dari STIKES Borneo Cendikia Medika. Perwakilan dari Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Kotawaringin Barat dan Perwakilan dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kotawaringin Barat.

“Vaksinasi perdana juga akan diikuti seluruh tenaga kesehatan yang tersebar di 18 puskesmas dan 4 rumah sakit/klinik kesehatan di Kabupaten Kotawaringin Barat. Jumlah vaksin yang tersedia pada tahap I sebanyak 1.200 dan tenaga kesehatan yang divaksinasi ditargetkan sebanyak 1.766 nakes”,imbuh Rody Iskandar.

Kekurangan vaksin akan dipenuhi secara bertahap oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 1.459 nakes sudah teregistrasi pada aplikasi Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK) di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sisanya, sebanyak 307 nakes yang belum registrasi akan diverifikasi secara manual oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat untuk selanjutnya akan disampaikan ke Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

“Melalui Pencanangan Vaksinasi ini diharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat tidak perlu khawatir dan takut, karena vaksin yang akan diberikan sudah melalui serangkaian uji coba, mendapat izin pemakaian dari Badan POM dan dinyatakan Halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI),” pungkasnya.

(man/beritasampit.co.id).