Panen Padi Program Food Estate di Pandih Batu Dikabarkan Menurun, Ini Tanggapan Wagub Kalteng

WAWANCARA : M.SLH/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya saat diwawancara awak media

PALANGKA RAYA –  Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail bin Yahya menanggapi adanya informasi penurunan panen atau produksi padi yang dialami petani dalam program Food Estate di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Provinsi Kalteng.

Habib Ismail menyampaikan bahwa menurut Kepala Dinas Pertanian Kalteng, panen di Pandih Batu berhasil. Dia mengimbau masyarakat jangan termakan hoaks.

“Saya sudah ada videonya, saya ada berita juga, saya minta mereka langsung ke sana untuk melihat dan melaporkan itu semua. Berita-berita di koran-koran itu memang sebagian tidak semuanya berhasil karena ada perubahan kultur, ada perubahan cara dan segala macam,” terang Habib Ismail di ruang paripurna DPRD Provinsi Kalteng, Senin 1 Februari 2021.

Dia menegaskan, bahwa sebagian besar program Food Estate berhasil. Terkait masalah panen tidak ada kendala, namun menurutnya, panen dimana-mana setiap tanaman apapun tidak mungkin semuanya berhasil, pasti ada adaptasi dulu.

“Tetapi Alhamdulillah kami menganggap bahwa ini sukses, terkait hasilnya menurun memang sebagiannya menurun. Memang kita kaget katakanlah di koran-koran semuanya bilang memang sih kebanyakan sekarang ini beda lalat dengan lebah ketahuan dia,” ungkap Habib Ismail. (M.Slh/beritasampit.co.id).