Beli Motor Curian, Warga Panarung Ditangkap Polisi

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat membawa JA di Kantor Polsek Pahandut

PALANGKA RAYA – Unit Reskrim Polsek Pahandut, berhasil meringkus seorang laki-laki berinisial JA (30) warga Panarung Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya karena membeli satu unit Sepeda motor yang diduga merupakan hasil kejahatan, Senin 1 Februari 2021 dini hari.

Kapolsek Pahandut Kompol Edia Sutaata, melalui Kanit Reskrim Polsek Pahandut Ipda Andri Wicaksono saat ditemui diruang kerjanya membenarkan adanya peristiwa penangkapan tersebut.

“Pelaku berikut satu unit sepeda motor berhasil kita diamankan setelah sebelumnya melakukan penyelidikan dan selanjutnya dibawa di Mapolsek Pahandut untuk dilakukan proses pemeriksaan,” kata Kanit Reskrim Polsek Pahandut Ipda Andri Wicaksono.

Andri menjelaskan, sebelumnya pada Tanggal 11 Januari 2021 dinihari, pihaknya telah menerima laporan terkait peristiwa pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang terjadi di Jalan Temanggung Tunu, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya.

“Saat kita lakukan interogasi, pelaku mengaku bahwa sepeda motor tersebut diperolehnya dengan cara membeli dari seorang pria berinisial JAN (23) seharga 3 Juta rupiah dan pelaku juga mengaku bahwa dirinya mengetahui kendaraan tersebut merupakan hasil curian,” ucapnya.

Ia mengatakan, saat ini tersangka berikut barang bukti telah diamankan di Polsek Pahandut untuk menjalani proses hukum lebih lanjut, sedangkan untuk Tersangka JAN sendiri telah ditangkap Polsek Dusun Selatan, Polres Barito Selatan dan tengah diproses dalam perkara Curanmor dan akibat perbuatannya, tersangka dapat dijerat dengan 480 KUH Pidana tentang pertolongan jahat (penadahan) dengan ancaman hukuman 4 Tahun Penjara.

Atas maraknya aksi curanmor yang terjadi di Kota Palangka Raya, Kapolsek Pahandut mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan mengamankan kendaraannya menggunakan kunci ganda dan sebisa mungkin memarkirkan kendaraannya didalam rumah untuk memudahkan pengawasannya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)