Gubernur Kalteng Ajak Masyarakat Optimisi Sambut Food Estate

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran saat meninjau langsung kawasan Food Estate yang berada di Desa Tewei Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas

GUNUNG MAS – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran saat meninjau langsung kawasan Food Estate yang berada di Desa Tewei Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas, di dampingi oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong beserta unsur Forkopimda setempat, Selasa 2 Februari 2021.

Gubernur mengatakan rencananya akan mengundang Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo untuk mengahadiri panen perdana di Kawasan Food Estate di Desa Terusan, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas dan di Desa Tewei Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas.

Ia menyampaikan program food estate di Kalteng mempunyai banyak dampak positif untuk masyarakat Kalteng seperti pembangunan infrastruktur, lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi. Program food estate khususnya singkong di Gunung Mas, menunjukkan perhatian serius Pemerintah Pusat kepada Kalteng.

BACA JUGA:   Hj. Aster Bonawaty Ungkapkan Diri Siap Maju dalam Pilkada Bartim

“Saya meminta masyarakat Kalimantan Tengah jangan pesimis, mari kita optimis, karena ini baru pertama kali. Kalau dari awal kita sudah pesimis bagaimana kedepannya kita bisa sukses,” tegas Gubernur.

Sebelumnya Presiden melalui Kementerian Pertanian dan Kementerian Pertahanan secara total telah mempercayakan Kalteng menjadi Lumbung Pangan Nasional dan cadangan logistik.

“Kita berdoa sehingga terjawablah lapangan pekerjaan, dimana diketahui saat ini banyaknya terjadi PHK akibat dampak dari pandemi Covid-19. Selain itu, terbuka lapangan pekerjaan untuk yang tamatan SMK, SMA, S-1 dari pertanian, perikanan, sehingga terbuka lapangan pekerjaan yang begitu besar. Tinggal dari masyarakatnya lagi, harus mau jadi petani dan harus mau jadi pekerja keras. Jangan malu jadi petani, petani adalah kerjaan yang mulia,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Tim LKPD Laksanakan Paparan Analitis Guna Meyakini Keandalan Informasi

Pihaknya akan terus melakukan persiapan untuk panen perdana nantinya. Gubernur berharap pada panen perdana dihadiri langsung oleh Presiden beserta jajarannya. Perlu diketahui, lahan singkong yang sudah siap digarap di Kabupaten Gunung Mas sebesar 537 Hektar. Bibit singkong tersebut berasal dari Kalteng sendiri.

Untuk diketahui Gubernur didampingi oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng Sri Suwanto dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalteng Sutoyo.

(Hardi/Beritasampit.co.id)