Gubernur Kalteng Dorong BUMD Inovatif dalam Peningkatan PAD

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran saat mengadakan pertemuan dengan Jajaran Komisaris dan Direksi PT Bank Kalteng, PT Jamkrida, dan Perusahaan Daerah (PD) Banana Tingang Makmur di Aula Serba Guna Istana Isen Mulang

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melakukan pertemuan dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi Kalteng, seperti PT Bank Kalteng, PT Jamkrida, dan PD Banama Tingang Makmur, di Aula Serba Guna Istana Isen Mulang, Rabu 3 Februari 2021.

“BUMD yang sehat diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh jajaran pengurus BUMD agar dapat selalu berupaya menangkap peluang bisnis, dan menjadi kontributor penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta terus mendorong agar BUMD Kalimantan Tengah memiliki status sehat, bukan malah merugikan dan membebani APBD,” kata Gubernur.

Sugianto juga menginginkan BUMD bisa menjadi wadah bagi pertumbuhan dan perkembangan investasi dan industri yang memahami peta baru perubahan lingkungan bisnis.

“Posisi BUMD sebagai salah satu upaya peningkatan atau percepatan dalam pelayanan publik yang tuntutannya untuk pengembangan ekonomi daerah Kalimantan Tengah,” ucapnya.

BACA JUGA:   DLH Kalteng Sebut Masih Ditemukan Adanya Pelanggaran oleh Perusahaan

Berkaitan dengan pandemi Covid-19, yang berdampak pada hampir seluruh sendi-sendi perekonomian daerah, terutama sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Gubernur berharap BUMD dapat hadir di tengah-tengah masyarakat, dan memberikan manfaat bagi perkembangan perkonomian Kalteng, di samping memperoleh laba atau keuntungan.

Kepada PT Bank Kalteng, Gubernur meminta agar dapat segera memperbesar Modal Inti, sesuai dengan aturan yang telah diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar Rp 6 triliun, di samping segera merealisasikan rencana pembangunan Menara Bank Kalteng.

Sedangkan kepada PT Jamkrida Kalteng, Gubernur meminta untuk dapat terus mendukung jaminan bagi UMKM di Provinsi Kalteng agar dapat bertahan di masa sulit akibat pandemi Covid-19.

Ia juga berharap usulan calon Komisaris dan Direksi PT Jamkrida yang telah disampaikan kepada OJK RI dapat segera ditindaklanjuti agar kepengurusan Jamkrida menjadi lebih definitif dan dapat bergerak lebih cepat.

BACA JUGA:   Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Palangka Raya Lebih 60 Persen

Sementara itu, kepada Perusahaan Daerah Banama Tingang Makmur, selaku Kuasa Pemilik Modal, Gubernur akan segera melaksanakan seleksi Pengurus PD Banama Tingang Makmur yang baru untuk menggantikan pengurus lama yang selesai periode kepengurusannya pada bulan ini.

“Saya berharap seluruh jajaran Pengurus PD Banama Tingang Makmur dapat memberikan kontribusi yang bagus untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Tampak hadir dalam pertemuan kali ini, antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy, Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalteng Saring, Plt. Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalteng Said Salim, serta jajaran Komisaris, Direksi, dan Dewan Pengawas BUMD Kalteng.

(Hardi/Beritasampit.co.id)