Kondisi Covid-19 Membaik, Suyuti Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dr. Suyuti Syamsul

PALANGKA RAYA – Terkait data terkonfirmasi positif yang mengalami penurunan secara signifikan yang saat ini pada hari Rabu 3 Februari 2021 hanya berjumlah 19 pasien, hal tersebut mendapat komentar dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dr. Suyuti Syamsul saat di konfirmasi oleh wartawan Berita Sampit melalui pesan Whatsapp.

“Secara umum kondisi Covid-19 di Kalteng minggu ini jauh lebih baik dari minggu sebelumnya. Agar situasi makin membaik, saya mengimbau kepada semua pihak untuk mematuhi tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dr. Suyuti Syamsul.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah mengeluarkan data perkembangan terbaru kasus Covid-19 di Kalteng, Rabu 3 Februari 2021.

Jumlah akumulasi data sampai dengan saat ini, pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kalteng bertambah sebanyak 19 orang dengan total kasus mencapai 12.153 orang, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 95 orang dan pasien dinyatakan meninggal dunia sebanyak 321 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 2,6 persen.

Saat ini kasus sembuh Covid-19 di Kalteng berjumlah 10.431 orang saat ini, setelah dilaporkan ada penambahan sebanyak 95 orang dalam 24 jam terakhir. Diketahui, kasus sembuh Covid-19 yang pada tanggal 02 Februari 2021 hanya berjumlah 10.336 orang.

Sebanyak 95 orang yang baru dinyatakan sembuh diantaranya 28 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 8 orang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Timur, 12 orang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Barat, 3 orang merupakan warga asal Kabupaten Lamandau, 36 orang berasal dari Kabupaten Kapuas, 3 orang berasal dari Kabupaten Barito Selatan dan 5 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara.

BACA JUGA:   Pemuda Kalteng Harus Mampu Bersaing di Segala Aspek

Kasus konfirmasi juga mengalami penambahan, tercatat ada penambahan sebanyak 19 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Dimana total kasus konfirmasi yang semula berjumlah 12.134 orang menjadi 12.153 orang saat ini.

Sebanyak 19 orang konfirmasi baru diantaranya 10 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 3 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Timur dan 4 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Dari 12.153 kasus konfirmasi yang dilaporkan yakni 10.431 orang sudah dinyatakan sembuh, 321 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 1.401 pasien konfirmasi yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Pasien konfirmasi yang menjalani perawatan mengalami penurunan sebanyak 77 orang dibanding hari sebelumnya, dimana yang sebelumnya hanya berjumlah 1.478 orang menjadi 1.401 orang saat ini.

Kasus meninggal dunia dilaporan kembali mengalami penambahan, dimana yang semula hanya berjumlah 320 orang menjadi 321 orang saat ini. Ada penambahan sebanyak 1 orang pada kasus meninggal akibat Covid-19 dalam 24 jam terakhir, yakni merupakan warga asal Kota Palangka Raya Untuk tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng masih berada di angka 2,6 persen.

BACA JUGA:   4 Gadis Cantik Asal Kalteng Ikuti Indonesian Model Hunt 2021

Kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP, dilaporkan juga mengalami penurunan sebanyak 9 orang dibandingkan pada hari sebelumnya dimana yang semula hanya berjumlah 257 orang menjadi 248 orang saat ini.

Distribusi kasus suspek dari masing-masing Daerah antara lain, Kota Palangka Raya 40 orang, Kabupaten Katingan 6 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 36 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 38 orang, Kabupaten Sukamara 5 orang, Kabupaten Kapuas 7 orang, Kabupaten Pulang Pisau 7 orang, Kabupaten Gunung Mas 9 orang, Kabupaten Barito Selatan 6 orang, Kabupaten Barito Timur 25 orang, Kabupaten Barito Utara 65 orang dan Kabupaten Murung Raya 4 orang.

Terakhir, Untuk kasus Probable tidak ada penambahan dalam 24 jam terakhir. Kasus probable tetap berjumlah 63 orang saat ini. Sebanyak 63 orang, masing-masing merupakan warga asal Kota Palangka Raya 7 orang, warga asal Kabupaten Katingan 12 orang, warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat 14 orang, warga asal Kabupaten Lamandau 1 orang, warga asal Kabupaten Seruyan 1 orang, warga asal Kabupaten Kapuas 10 orang, warga asal Kabupaten Barito Selatan 3 orang, warga asal Kabupaten Barito Utara 14 orang dan warga asal Kabupaten Murung Raya 1 orang.

(Hardi/Beritasampit.co.id)