Waspada Penipuan Mengatasnamakan Kemenag Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, Abdul Rasyid.

PALANGKA RAYA – Telah kembali terjadi upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Abdul Rasyid. Hal ini dilakukan melalui telepon, si penipu berusaha mengarahkan calon korbannya untuk mentransfer sejumlah uang.

Informasi yang berhasil dihimpun, bahwa upaya penipuan diawali dengan telepon dari seseorang yang mengaku sebagai Kakanwil Kemenag Kalteng kepada pondok pesantren tertentu. Pondok pesantren itu diminta menghubungi Kemenag Pusat karena akan mendapatkan alokasi bantuan dana.

Saat menghubungi nomor palsu Kemenag Pusat itulah calon korban diarahkan untuk mentransfer sejumlah dana sebagai biaya administrasi pengurusan bantuan. Selang beberapa saat, nomor telepon Kakanwil palsu pun kembali menghubungi calon korbannya dan berusaha meyakinkan agar segera mentransfer dana yang diminta.

BACA JUGA:   Kapan Siswa Bisa Belajar Tatap Muka?, Begini Penjelasan Kadis Pendidikan Kalteng

Dengan ada kasus ini, Kakanwil Kemenag Kalteng, Abdul Rasyid meminta semua pihak mewaspadainya, karena bisa dipastikan hal itu adalah penipuan.

“Bisa saya pastikan bahwa itu adalah penipuan. Karena, yang pertama, tidak pernah ada program bantuan dari Kementerian Agama yang mensyaratkan adanya transfer dana untuk biaya administrasinya. Dan kedua, suara yang ada di telepon itu jelas bukan saya, kebetulan si calon korban itu merekam percakapan mereka,” jelas Abdul Rasyid, Jumat 5 Februari 2021.

Rasyid meminta seluruh jajarannya untuk berhati-hati jika dihubungi nomor tertentu yang mengaku sebagai Kakanwil. Tak hanya itu, Kantor Kemenag Kabupaten/Kota di Kalteng pun diminta menyampaikan pentingnya kewaspadaan tersebut kepada mitra Kemenag, seperti pihak ormas keagamaan, pengelola rumah ibadah, atau pihak lain.

BACA JUGA:   Kaum Milenial Rambah Dunia Advokat, Begini Pesan Ketua PPKHI

“Jika ada penelepon yang mengaku sebagai saya, atau menjanjikan bantuan dengan kewajiban menyetorkan uang, maka berhati-hatilah. Segera konfirmasikan ke Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Tengah, dan jangan langsung tergiur,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag Kalteng, Ardiansyah mengakui pihaknya mendapatkan laporan dari pondok pesantren tertentu yang dihubungi seseorang yang mengaku sebagai Kakanwil Kemenag Kalteng. Peristiwa upaya penipuan tersebut tentu menjadi perhatian tersendiri pihaknya.

“Kami akan mewaspadai ini, dan selalu mengimbau pondok pesantren, madrasah diniyah atau pihak lain untuk berhati-hati terhadap upaya penipuan seperti itu,” kata Ardiansyah. (Hardi/beritasampit.co.id).