Gelar Konferwil, Gubernur Apresiasi Sumbangsih NU Bangun Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran saat menghadiri Kegiatan Konferensi Wilayah (Konferwil) XII Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama, Gerakan Pemuda Ansor dan Fatayat NU Kalteng Tahun 2021 di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran membuka secara langsung Kegiatan Konferensi Wilayah (Konferwil) XII Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama, Gerakan Pemuda Ansor dan Fatayat NU Kalteng Tahun 2021. Kegiatan ini digelar di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu 6 Februari 2021. Adapun tema pada kegiatan tersebut mengusung tema “Bersama Kita Kuat”.

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan bahwa pergantian kepengurusan suatu organisasi, tentunya suatu hal yang sudah lazim dan juga sangat mutlak untuk dilakukan, khususnya dalam tubuh organisasi Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Kalteng, mengingat berkaitan dengan upaya regenerasi atau peremajaan bagi organisasi serta media untuk menambah wawasan maupun pembelajaran bagi anggota-anggota/warga Nahdliyin yang nantinya terpilih menjadi bagian dalam kepengurusan baik Pimpinan Wilayah NU, Gerakan Pemuda Ansor maupun Fatayat NU, demi eksistensi dan kiprahnya di Kalteng.

“Kita ketahui bersama bahwa dalam kepengurusan baik PW NU, Gerakan Pemuda Ansor maupun Fatayat NU, maka Konferwil merupakan forum tertinggi pengambilan guna keputusan/kebijakan dalam sebuah organisasi di Tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kota, hal ini tentunya memiliki posisi dan peran yang sangat penting dan strategis dalam upaya mendukung suksesnya pembangunan di Kalimantan Tengah,” kata Gubernur.

BACA JUGA:   Komitmen Berantas Narkoba, Polda Kalteng Berhasil Amankan 236 Gram Sabu Dari 3 Pelaku

Ia juga mengutarakan, NU merupakan salah satu organisasi besar keagamaan yang sampai detik ini telah berkiprah dengan baik dan menunjukkan eksistensinya sebagai suatu bagian dari kemasyarakatan dan keagamaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terutama di Kalteng.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Saya mengapresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya Konferensi Wilayah Bersama tahun 2021. Dengan harapan akan hadir generasi / kader generasi warga Nahdliyin yang kompeten dan sungguh-sungguh, memiliki intelektual yang tinggi dalam bidang ilmu pengetahuan khususnya agama Islam dan tentunya memiliki karakteristik pribadi yang berakhlaqul karimah,” ucapnya.

Sebagaimana pernyataan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA beberapa tahun yang lalu, mengatakan NU tetap komitmen terhadap empat pilar bangsa Indonesia yaitu NKRI, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan UUD 1945. Sehingga apa pun yang terjadi terhadap NKRI, maka NU tetap komitmen kepada Empat Pilar tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas sumbangan pemikiran maupun dukungan serta perhatian yang besar dari NU bagi pembangunan sumber daya manusia di Indonesia pada umumnya dan khususnya di Kalteng.

BACA JUGA:   Piagam BKN Award Wujud Apresiasi Kepada Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Fatayat Anggia Ermarini yang juga Wakil Ketua Komisi 4 DPR RI menyampaikan Forum Konferwil ini merupakan momentum untuk mencurahkan, mencari inisiasi cara yang terbaik, cara-cara yang paling dibutuhkan masyarakat untuk program-program pembangunan.

“Fatayat NU berkomitmen dalam kondisi saat ini, kita akan menjadikan sesuatu untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Kondisi pandemi saat ini, merupakan ajang untuk menginisiasi program-program yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Hadir secara khusus Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Kepala Kepolisian Daerah Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) Marsudi Syuhud, Ketua PW NU Provinsi Kalteng H. M. Wahyudie F. Dirun, Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalteng Khairil Anwar serta para tamu undangan.

(Hardi/Beritasampit.co.id)