Usai Divaksin, Dandim 1013/Mtw Tetap Bugar

MUARA TEWEH – Menyusul daerah lain yang telah melaksanakan pencanangan vaksinasi, pemerintah kabupaten Barito Utara melaksanakan kegiatan tersebut di halaman kantor Bupati Barito Utara pada hari Senin (8/02).

Pencanangan vaksinasi dengan tema, “Vaksin Aman dan Halal” dihadiri oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah, Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, SH, Ketua DPRD Barito Utara Ir. Hj. Mery Rukaini, M.IP, Dandim 1013/Mtw Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han, Wakapolres Barito Utara Kompol Masharsono, SH.,MH, Kepala Kejaksaan Negeri Barito Utara Iwan Catur Karyawan, SH, Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh Leo Sukarno, SH, Wakil Ketua I DPRD Barito Utara H. Permana Setiawan, ST, Wakil Ketua II DPRD Barito Utara Sastra Jaya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Barito Utara Drs. H. Masdulhaq, M.AP, Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Barito Utara H. Siswandoyo, SKM.,M.Kes., Direktur RSUD Barito Utara Ibu Drg. Dwi Agus Setyowati, Ketua PD Muhammadyah Barito Utara Rahmat Muratni, Sekretaris PCNU Barito Utara Alpiansah, Unsur FKPD dan SOPD Kab. Barito Utara serta tamu undangan.

Dalam kesempatan memberikan laporan, Kadis Kesehatan Barito Utara menyatakan, vaksinasi ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19).

“Adapun tujuan pelaksanaan vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman dan halal juga meningkatkan antibodi untuk melawan Covid-19 guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 baik secara pribadi maupun kelompok,” tandasnya.

Lebih lanjut, Kadis kesehatan menambahkan, pelaksanaan Vaksinasi di Kabupaten Barito Utara T
tahap pertama dengan sasaran yaitu tenaga kesehatan di Kab. Barito Utara, adapun vaksin yang telah diterima sebanyak 840 vial/dosis yang telah digunakan pada bulan januari tgl 28 kemarin yaitu di RSUD Muara Teweh sebanyak 220 Vial, Puskesma Muara Teweh 420 Vial dan Puskesmas Lanjas 200 Vial.

Pelaksanakan vaksinasi dilaksanakan dari bulan Januari sampai bulan April 2021 dengan sasaran sebanyak 1.461 orang Nakes dan sasaran vaksinasi selanjutnya yaitu pejabat publik, tokoh agama dan masyarakat serta petugas pelayanan publik lainnya.

Di tempat yang sama, usai divaksin, Dandim 1013/Mtw, mengatakan, salah satu upaya pemerintah untuk menghambat laju perkembangan covid-19 adalah pemberian vaksin.

“Pengalaman saya setelah divaksin, kondisi tubuh tetap bugar. Jadi masyarakat jangan ragu. Meskipun telah divaksin, kita harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun anti septic, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Dengan langkah-langkah tersebut, maka laju penyebaran covid-19 dapat dihambat. Mari masing-masing diri kita, berkomitmen untuk menjadi pelopor ketaatan terhadap protokol kesehatan,” tuturnya penuh semangat. (Rls)