Jangan Coba-Coba Sentuh Narkoba, Makin Merusak Hingga Menyerang Saraf

WAWANCARA : M.SLH/BERITA SAMPIT - Kepala BNN Kota Palangka Raya, Miga Nugroho SH saat diwawancara awak media di rumah jabatan Wali Kota Palangka Raya, Rabu 10 Februari 2021.

PALANGKA RAYA – Banyak kasus membuktikan bahwa awal penggunaan narkoba hanya mencoba-coba hingga pada akhirnya menjadi ketergantungan dan menyerang psiko saraf manusia.

Hal ini membuktikan bahwa memang pengaruh narkoba cukup berbahaya jika mencoba disalahgunakan. Menurut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palangka Raya Miga Nugroho, SH yang bisa memutus penggunaan narkoba adalah kemauan sendiri.

“Memang sudah ada upaya dari pemerintah bagi pecandu dan penyalahgunaan untuk segera melaporkan secara kesadaran untuk dipulihkan, yang nanti akan dipulihkan secara sosial maupun medis,” jelas Miga, Rabu 10 Februari 2021.

BACA JUGA:   Digempur Caleg Pendatang Baru, Enam Petahana Dapil Palangka Raya II Tumbang 

Kata dia, terkait upaya pemerintah, untuk di Kota Palangka Raya ada rawat jalan kalau rawat inap adanya di Kalimantan Timur (Kaltim) yaitu balai rehabilitasi tanah merah, dan di balai BNN itu sendiri tidak dipungut biaya.

“Kalau masalah transportasi untuk saat ini masih di tanggung sendiri. Kami juga berharap pelayanan pemerintah supaya bisa dialokasikan untuk mereka yang dirujuk ke balai rehabilitasi itu, kalau sudah sampai di balai tanah merah itu gratis,” tutur dia.

BACA JUGA:   Peluang Fairid Naparin Menang di Pilwalkot Palangka Raya Masih Besar

Sementara itu, kembali ditegaskan Miga, bahwa dalam menghindari ketergantungan bahan narkotika itu harus mulai dari diri sendiri dengan kemauan dan juga faktor lingkungan, salah satunya keluarga dan teman.

Untuk itu dia meminta agar segera jauhi dari mereka yang penyalahguna di sekitar, dan secara internal kuatkan keyakinan, spiritual agama dengan pengetahuan dan diisi dengan skill dan keterampilan.

“Kita mengajak kepada masyarakat terutama sumber daya manusia adalah faktor modal dasar yang fundamental harus dikelola dan dijaga,” ujar Miga. (M.Slh/beritasampit.co.id).