Bupati Katingan Ingatkan Kewenangan sebagai Pj Kades

KASONGAN – Tiga orang Pejabat (Pj) Kepala Desa di Kecamatan Katingan Tengah yaitu Desa Samba Katung, Napu Sahur, dan Rantau Asem resmi dilantik Bupati Katingan Sakariyas, di halaman Kantor Kecamatan Katingan Tengah, pada Kamis 11 Februari 2021.

Tiga orang Pj Kepala Desa yang dilantik di Kecamatan Katingan Tengah, yaitu (Handrin), dilantik sebagai Pejabat Kepa Desa Samba Katung mengantikan pejabat lama, (Kustaman Hadi).

Kemudian, Sebagai Pj Kepala Desa Napu Sahur yang baru dilantik yaitu (Mardy), mengantikan pejabat lama (Ahmadi). Dan, sebagai pejabat Kepala Desa Rantau Asem yang baru dilantik yaitu (Pilot Trirompas), mengantikan pejabat yang lama (Lumasi).

BACA JUGA:   Kelotok Gratis Angkut Bantuan Banjir, 688 Jiwa Warga Tumbang Bulan Terdampak

Selain Pelantikan Pj Kepala Desa, Bupati Sakariyas juga melaksanakan kegiatan pengambilan sumpah/janji anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yaitu BPD Desa Rantau Asem, Tumbang Hangei, Tumbang Kalemei, Mirah Kalanaman, dan Samba Katung.

Tentunya prosesi pelantikan yang dilaksanakan ini sudah memenuhi standar protokol kesehatan covid-19.

Bupati Katingan Sakariyas, menyampaikan ucapan selamat kepala Pj Kepala Desa yang dilantik dan kepada semua anggota BPD yang sudah diambil sumpah/janjinya.

Maka, dengan dilantiknya Pejabat ini diharapkan agar dapat memperhatikan kedudukan, tugas dan fungsi serta wewenangnya dalam menjalan tugas masing-masing.

BACA JUGA:   Musrenbang RPJMD Diharapkan Mempertajam Indikator dan Target Kinerja Program

“Pesan saya laksanakan amanah ini dengan baik, cipatakan tata kelola pemerintahan yang baik dalam melaksanakan tugas baik sebagai penjabat Kepala Desa maupun sebagai Anggota BPD” terang Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini.

Karena menurutnya, antara Kepala Desa dan BPD harus ada sinergitas yang baik dalam menjalankan pemerintahan. Misalnya, Kepala Desa tidak akan mampu menjalankan pemerintahan dengan baik tanpa dukungan dari BPD, begitu juga sebaliknya.

“Sekali lagi saya harapkan harus ada sinergitas yang baik dalam menjalankan pemerintahan khususnya Kepala Desa dan BPD,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)