Keberadaan UPT Laboratorium PUPR Sangat Menentukan Kualitas Pembangunan

Man/BERITA SAMPIT – Sejumlah staf Kantor UPT Laboratorium Dinas PUPR, nampak sedang meracik material bangunan untuk dilakukan tes/uji desain.

PANGKALAN BUN – Keberadaan UPT Laboratorium Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kotawaringin Barat masih belum banyak tau keberadaannya.

Tempat ini digunakan untuk proses uji coba/desain agar bangunan fisik yang dirancang dapat mencapai kualitas yang diinginkan.

“Memang benar selama ini keberadaan Unit Pelaksana Teknin (UPT) Laboratorium di Dina PUPR belum banyak dikenal masyarakat,” kata Kadis PUPR Kabupaten Kobar  Juni Gultom, Kamis 11 Februari 2021.

Menurut Juni, untuk membangun sebuah bangunan fisik bukan saja dirancang dengan bentuk dan keindahan semata, akan tetapi harus pula dilakukan berbagai macam uji test/desain material dan konstruksi di UPT Laboratorium.

Karena keberadaan UPT Laboratorium juga sangat menetukan kualitas semua pembangunan yang dikerjakan Dinas PUPR.

“Untuk semua jenis pembangunan, misal mendirikan jembatan, kami test/desain dulu baik kondisi tanah dan kedalaman pondasi yang harus dipersiapkan , termasuk material bangunan yang harus dipergunakan agar berkulaitas sama harus di test uji/desain di Laboratorium sehingga hasil semua pembangunanya selain bagus juga berkualitas,” ujar Juni Gultom.

Pantauan dilapangkan saat ke Lokasi Gedung UPT Laboratoruium, nampak sejumlah staf UPT Lab PUPR sedang sibuk,  mendesain sejumlah material bahan bangunan, yang didampingi Sahrian Staf Pengawas di UPT.

“Di UPT Laboratorium Dinas PUPR, saat ini memang sudah mulai banyak kegiatan karena menjelang pengembangan pembangunan Kabupaten Kobar pada APBD 2021. Dan untuk mensosialisasi kan keberadaan UPT Laboratorium, sesuai dengan pentunjuk dari Kepala Dinas PUPR  kami telah membuka Faceboock /Instagram,” kata Kabag UPT Lab PUPR Kabupaten Kobar yang akrab disapa Ujang.

(man/beritasampit.co.id).