Pemkab Mura Terima Kunjungan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah

LULUS/BERITA SAMPIT- Wakil Bupati HST Berry Nahdian Furqon saat menyerahkan penghargaan kepada Bupati Mura Perdie M Yoseph sebagai tanda jasa membantu penanganan banjir di HST.

PURUK CAHU– Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan. Penghargaan tersebut atas bantuan dari Pemkab Mura untuk penanganan banjir di Kabupaten HST.

Penghargaan diserahkan langsung Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan dalam kunjungannya ke Kabupaten Mura, yang disambut langsung Bupati Mura, Perdie M Yoseph beserta Forkompinda yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Bupati, Kamis 11 Februari 2020.

Berry Nahdian mengatakan, Kabupaten HST baru saja mengalami bencana banjir yang mengakibatkan kerugian hampir di seluruh kecamatan. Rinciannya, 91 desa terdampak banjir, 10 orang meninggal dunia, 183 buah rumah hilang, 2.973 rumah rusak ringan, dan 83 buah rumah rusak berat.

“Bencana ini juga memporak porandakan infrastruktur dan fasilitas umum di wilayah Kabupaten HST. Di antaranya 150 masjid dan langgar, 173 sekolah, 90 kantor, 65 jembatan, 7 pasar, 91 ruas jalan, dan kerusakan pada 50.140 meter jalan,” ungkap Berry Nahdian Furqon.

Di samping itu, bencana banjir juga mengakibatkan kerugian pada budidaya ikan dan lahan pertanian. Hampir seluruh sektor kehidupan masyarakat di Kabupaten HST terdampak bencana banjir pada 14 januari 2021 lalu.

Namun di balik bencana ini, dia yakin ada hikmah yang dapat dipetik. Salah satunya sifat saling membantu dan peduli terhadap sesama.

“Hal inilah yang ditunjukkan Pemerintah Kabupaten Mura beserta seluruh elemen masyarakat yang membantu kami saat mengalami bencana, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat kami” jelasnya.

Sementara itu Bupati Mura, Perdie M Yoseph menyampaikan rasa dukacita yang mendalam atas peristiwa yang terjadi menimpa Kabupaten HST terkhususnya wilayah Provinsi Kalsel yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan bentuk kepedulian dan upaya kami untuk meringankan beban saudara-saudara kita di Kalsel khususnya Kabupaten HST. Bantuan yang diberikan tersebut ada yang dari Pemda, Organisasi kemasyarakatan maupun bantuan pribadi lainnya,” Tandasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)