Wakil Ketua II DPRD Kobar: Kepala Desa Harus Berinovasi Dalam Pembangunan

IST/BERITA SAMPIT - Bambang Suherman, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat saat mendampingi Bupati Kobar Hj. Nurhidayah di Kecamatan Kotawaringin Lama.

PANGKALAN BUN – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Bambang Suherman mengharapkan agar seluruh Kepala Desa bisa berinovasi dalam membangun desa, dan pembagunan harus seusai dengan kearifan dan keunggulan masing-masing desa.

Pada saat kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Kotawaringin Lama pada Rabu 10 Februari 2021, Bambang meminta agar Kepala Desa bisa mengusulkan pembangunan yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat, sebab menurut dia, kegiatan Musrenbang merupakan suatu forum berdiskusi sistem rencana pembangunan daerah.

Kata Bambang, saat ini Pemerintah Daerah tengah melakukan refocusing anggaran karena pandemi Covid-19, namun demikian pembangunan yang di danai APBD Kobar wajib dilaksanakan dengan skala prioritas, dan kegiatan pembangunan di desa pun berkolaborasi dengan menggunakan anggaran dana desa.

BACA JUGA:   DPRD Kobar Apresiasi Perjuangan Mukhtarudin Usulkan Citilink Layani Penerbangan Tujuan Pangkalan Bun

“Di sinilah perlunya Musrenbang, yang kebetulan kegiatan Musrenbang dihadiri langsung oleh Bupati Kobar, dimana kegiatan Musrenbang ini untuk memilah pembangunan yang masuk di danai APBD Kobar dan Anggaran Dana Desa,” Ujarnya, Kamis, 11 Februari 2021.

Bambang berharap, dana desa saat ini harus bermanfaat bagi pengembangan pembangunan desa, sehingga Kepala Desa jangan terfokus pada pembangunan yang mubazir seperti pembangunan pintu gerbang, sementara pembangunan drainase dilupakan.

BACA JUGA:   Dukung Vaksinasi, Legislator Ini Ajak Partisipasi Masyarakat Lawan Covid-19

Anggaran dana desa lanjut Bambang, bisa digunakan untuk percepatan pembangunan desa, sehingga aparat desa pun harus bermusyawarah dengan warga terutama para tokoh, sehingga pembangunan tepat guna dan tepat sasaran dan anggaran tidak mubazir.

“Kami sangat bersyukur dan menyampaikan ucapan terima kasih, pembangunan untuk Kecamatan Kotawaringin Lama sangat luar biasa, dimana untuk infrastruktur jalan mulai bertahap di kerjakan, untuk Kecamatan Kotawaringin Lama ada 15 desa dan 2 kelurahan, untuk tahun ada selain pembangunan infrastruktur jalan juga ada kegiatan listrik masuk desa,” ungkap Bambang. (Man/bderitasampit.co.id).