Kanwil Kemenag Kalteng Dukung Ekstrakurikuler Jurnalistik MAN

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Rasyid foto bersama dengan pengurus ekstrakurikuler jurnalistik MAN Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Rasyid mengapresiasi kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik MAN Kota Palangka Raya.

Ia menyebutkan ekskul jurnalis menjadi wadah bagi siswa untuk belajar dan mengembangkan kemampuannya, berkreasi dan berinovasi di bidang jurnalistik.

Lebih lanjut, Rasyid menyebutkan sebuah informasi yang disajikan madrasah baik melalui video pendek, berita web, media sosial tentu akan mendatang keuntungan bagi madrasah itu sendiri.

“Dukungan itu tentu tidak hanya untuk MAN Kota Palangka Raya, namun juga untuk seluruh madrasah di Kalimantan Tengah yang memiliki program jurnalistik di madrasahnya masing-masing,” kata Abdul Rasyid melalui rilisnya yang diterima beritasampit. Minggu, 14 Februari 2021.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Mulai Vaksin Covid-19 Bagi Ibu Hamil

Kakanwil juga meminta suatu suatu produk jurnalistik yang dipublikasi ke khalayak harus dipastikan akurat dan tidak menimbulkan keresahan atau kekeliruan interpretasi oleh masyarakat.

Dilain pihak Wakil Kepala MAN Kota Palangka Raya Bidang Kehumasan Asran Dirun mengatakan dukungan tersebut disampaikan langsung Kakanwil saat pihaknya melakukan kunjungan kekantor Kakanwil bersama pengurus ekstrakurikuler jurnalistik MAN Kota Palangka Raya.

“Saat itu, Kakanwil berharap jurnalis di madrasah bisa menyebarkan informasi tentang madrasah, baik itu pelayanan, prestasi, dan pembelajaran. Bahkan, jurnalis madrasah harus bekerja sama dengan humas Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dalam menyebarkan informasi perkembangan madrasah kepada masyarakat,” ucap Asran menirukan pesan Kakanwil.

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Akan Rehab Tiga Dermaga

Tentang ekstrakurikuler jurnalis di MAN Kota Palangka Raya, Asran Dirun menjelaskan, ada empat divisi di Jurnalis Mankoraya, yaitu divisi video dan fotografi (vifografi), divisi berita, divisi media sosial, dan divisi desain kreatif (dekref). Semua divisi saling bekerja sama dalam membuat sebuah karya jurnalis.

“Narasi dalam berita dibuat oleh divisi berita, sedangkan fotonya dikerjakan oleh divisi vifografi. Begitu juga divisi media sosial, mereka bekerja sama dengan divisi dekref dalam pembuatan desain ucapan peringatan-peringatan hari besar nasional untuk dimuat di Instagram dan Facebook,” terangnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)