Mantan Anggota DPRD Katingan H Yahya Meningggal Dunia

Almarhum HM Yahya

KASONGAN – Kabar duka datang dari Kabupaten Katingan, HM Yahya menghebuskan napas terakhir Minggu, 14 Februari 2021. mantan anggota DPRD Katingan tersebut meninggal dunia karena sakit di RSUD Mas Amsar Kasongan.

“Innalilahi wa Innaa Ilaihi Raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah Kakanda kami. H M Yahya Bin H Mulyadi Pada hari Ahad ba’da Maghrib. Kami mewakili keluarga memohon maaf jika selama pergaulan terdapat kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja,” ungkap Joni Priono keluarga almarhum dikutip dari pesan beredar di Whatsapp Grup.

Kabar duka tersebut juga dibenarkan oleh Budi Hermanto yang juga anggota DPRD Katingan. “Ya beliau meninggal, malam ini langsung dimakamkan di tempat pemakaman umum muslim Kereng Humbang Kasongan.,” terang Budi Hermanto ketika ditemui wartawan beritasampit.co.id saat menunggu kedatangan jenazah. Minggu, 14 Februari 2021, malam.

Setelah menunggu waktu yang cukup lama, sekira pukul 22.05 Wib, proses pemakaman dilakukan. Nampak hadir para keluarga, para pejabat Katingan dan para mahasiswa yang juga murid almarhum. Kabar duka ini pun meninggalkan duka yang mendalam. Pasalnya, Yahya dikenal sebagai sosok yang mudah bergaul disemua kalangan, termasuk anak muda di Katingan.

Tak heran, sosok almarhum yang dekat dengan anak muda ini banyak meninggalkan kesan yang sulit dilupakan, bukan tanpa sebab pria kelahiran Kuala Kapuas (51) tahun ini selain tercatat sebagai pengajar di universitas Muhammadiyah Palangka Raya Kampus Kasongan juga dikenal aktif di organisasi masyarakat dan keagamaan.

H Yahya merupakan salah satu tokoh masyarakat yang dikenal vokal terhadap isu-isu kebijakan dan sosial, baik saat menjabat menjadi duduk di DPRD maupun sebagai pengamat sosial, banyak kritikan dan masukan membangun Katingan yang diungkapan beliau melalui media massa dan kerja nyata dalam membangun daerah.

“Beliau (red,almarhum) merupakan teman diskusi dan guru bagi saya, banyak nasehat dan pelajaran yang kami terima. Beliau sangat dekat dengan anak muda, Khususnya anak muda yang gabung di KNPI, Kami merasa kehilangan salah satu tokoh Katingan,” ujar Budy yang juga ketua KNPI Katingan ini.

(Kawit/beritasampit.co.id)