19 Februari Sugianto – Edy Akan Ditetapkan KPU Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur

DEKLARASI : IST/BERITA SAMPIT - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubenur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dan Edy Pratowo saat deklarasi pada September 2020 lalu di Tugu Soekarno Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Mahkamah Konstitusi (MK) kini resmi memutuskan dan menetapkan permohonan atau gugatan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Ben Brahim S. Bahat dan Ujang Iskandar tidak diterima atau ditolak, Selasa 16 Februari 2021.

Dengan putusan ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng akan segera menetapkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubenur terpilih hasil pemilihan umum pada Desember 2020 lalu, yaitu dimenangkan pasangan calon Sugianto Sabran dan Edy Pratowo.

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim menyampaikan bahwa penetapan paling lama lima hari setelah diterima KPU putusan MK, sesuai Peraturan KPU nomor 5 tahun 2020 tentang perubahan ketiga Peraturan KPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020.

“Rencananya penetapan kita laksanakan tanggal 19 Februari 2021 pukul 13.30 WIB, rencananya dilaksanakan di Swissbell hotel Palangka Raya,” katanya melalui rilis yang diterima.

Menurut Harmain, dengan keputusan MK tersebut, membuktikan bahwa KPU Provinsi Kalteng beserta jajaran sampai KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS dan KPPS sudah bekerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita telah membuktikan kredibilitas, profesionalitas, kemandirian dan independensi kita dalam melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tahun 2020,” ujarnya.

Dengan demikian, Harmain mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng tahun 2020 dan juga Bawaslu Kalteng dan jajaran yang telah bekerja sama dan bekerja keras demi suksesnya penyelenggaraan pemilihan.

“Lebih-lebih terimakasih kami sampaikan jajaran keamanan Polda Kalteng dan Korem 102 Panju Panjung yang telah bisa mengawal pelaksanaan pemilihan ini berlangsung dengan aman dan damai,” katanya. (Rls/beritasampit.co.id).