300 Personel Polda Kalteng Patroli Skala Besar Menjelang Putusan MK Hasil Pilgub

APEL : IST/BERITA SAMPIT - Karo Ops Polda Kalteng, Kombes Pol Andreas Wayan Wisaksono saat memberikan arahan di Lapangan Barigas Polda Kalteng dalam apel gelar pasukan.

PALANGKA RAYA – Menjelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perselisihan hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) 2020, Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng menggelar patroli skala besar di Kota Palangka Raya.

Patroli ini dibagi menjadi dua tim, personel berjumlah 300 orang akan berpatroli dalam menjaga keamanan Kamtibmas jelang putusan tersebut. Selain anggota Polri, turut terlibat instansi terkait seperti TNI dan Satpol PP.

Apel gelar pasukan patroli skala besar dipimpin Karo Ops Polda Kalteng, Kombes Pol Andreas Wayan Wisaksono di Lapangan Barigas Polda Kalteng, Selasa 16 Februari 2021.

Karo Ops Polda Kalteng, Kombes Pol Andreas Wayan Wisaksono mengatakan, patroli skala besar merupakan bentuk antisipasi Polda Kalteng dalam menghadapi putusan perselisihan hasil Pilgub 2020. Dalam hal ini situasi politik sudah mulai menghangat, baik di grup masyarakat dan media sosial dari kelompok-kelompok tertentu.

“Sasarannya beberapa titik yang kita anggap rawan Seperti Kantor KPU Provinsi Kalteng dan Kantor Banwaslu Provinsi Kalteng,” kata Karo Ops Polda Kalteng, Kombes Pol Andreas Wayan Wisaksono.

Senada dengan pernyataan tersebut, Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro, menerangkan selain berpatroli, personel gabungan juga akan membagikan 3000 masker kepada masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker.

“Personel akan mendatangi setiap kerumunan masyarakat untuk mengimbau protokol kesehatan dan membubarkannya. Selain antisipasi kerawanan jelang putusan, patroli skala besar juga untuk menegakkan yustisi, terutama dalam penerapan protokol kesehatan,” kata Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro. (Hardi/beritasampit.co.id).