PPKM Mikro Diharapkan Mampu Pertahankan Tren Penurunan Jumlah Kasus Covid-19

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. (dok pribadi)

JAKARTA– Tren penurunan jumlah kasus positif Covid-19 dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro (PPKM Mikro) harus dipertahankan dengan melakukan evaluasi secara periodik untuk mendapatkan strategi yang tepat dalam pengendalian penyebaran Covid-19.

Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie), Selasa, (16/2/2021).

Rerie mengatakan untuk mengetahui efektivitas kebijakan yang diterapkan yakni harus dilakukan evaluasi secara periodik agar para pemangku kepentingan mengetahui langkah apa saja yang harus dilanjutkan dan harus dihindari.

Berdasarkan catatan Satgas Covid-19 dalam sepekan terakhir pelaksanaan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro, yang dimulai 9 Februari 2021, pertambahan kasus positif berkisar 6.000-9.000-an atau di bawah 10.000 kasus per hari.

BACA JUGA:   Komisi VII DPR Desak Plt Dirjen Minerba Koordinasi Terkait IPR di Kepulauan Bangka Belitung

Kasus aktif pun diklaim mengalami penurunan seiring dengan meningkatnya jumlah pasien Covid-19 sembuh yang per Senin (15/2) mencapai 1.032.065.

Kata Rerie, data tersebut harus benar-benar dikaji lewat evaluasi yang komperhensif sehingga para pemangku kepentingan mendapatkan kesimpulan yang tepat sebagai pijakan aksi pengendalian penyebaran Covid-19.

“Apakah penurunan jumlah kasus dalam sepekan terakhir disebabkan kebijakan pembatasan kegiatan skala mikro yang diterapkan atau karena jumlah test yang menurun,” ujar Rerie.

Catatan Kementerian Kesehatan dalam tiga hari terakhir Sabtu (13/2), Minggu (14/2) dan Senin (15/2) berturut-turut hanya dilakukan testing Covid-19 terhadap 19.626 orang, 24.250 orang dan 24.889 orang. Padahal, ujar Rerie, biasanya bisa dilakukan testing hingga 40.000-an orang per hari.

BACA JUGA:   Banggar DPR RI: Ramadan Jadi Katalisator Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Atas hal itu, Aggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, berharap para pemangku kepentingan bisa mengkaji sejumlah data yang ada dengan benar. Sehingga bisa segera ditemukan formula kebijakan yang tepat untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di tanah air.

“Saya minta seluruh lapisan masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, serta menghindari terjadinya kerumunan,” pungkas Lestari Moerdijat.

(dis/beritasampit.cp.id)