Suntik Vaksin Covid-19 Kedua Kalinya, Ini Pesan Wabup Katingan ke Masyarakat

ANNAS/BERITASAMPIT - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, saat melaksanakan vaksinasi dosis yang kedua, di RSUD Mas Amsyar Kasongan

KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, kembali melakukan suntik vaksinasi Covid-19 dosis yang ke dua kali dan disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Katingan Robertus Pamuryanto, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan, pada Rabu 17 Februari 2021.

Vaksinasi yang dilaksanakan ini juga dilakukan oleh 10 pejabat lainnya yang menerima vaksinasi dosis ke yang kedua.

Sebelum disuntik vaksin, Sunardi terlebih dulu dilakukan pengecekan kesehatan oleh tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit. Setelah dinyatakan dalam kondisi yang tubuh sehat, barulah dilakukan proses vaksinasi.

“Sebelumnya saya sudah divaksinasi dosis pertama, alhamdulillah tidak ada reaksi yang tidak diinginkan serta saya sehat-sehat saja. Malah setelah kegiatan vaksinasi sebelumnya saya langsung berangkat ke Hulu Kecamatan melakukan kegiatan Musrenbang Kecamatan selama kurang lebih empat hari,” ucapnya.

Wabup berharap kepada masyarakat jangan takut ataupun ragu-ragu mengikuti vaksinasi ini.

“Contohnya lihat saya saja dan jangan ragu. Bahwa vaksin ini membuat kita sehat membuat anti bodi kita kuat terhadap wabah covid-19. Jangan takut dan jangan ragu. Covid-19 Insya Allah pasti berlalu nantinya,” lanjut Sunardi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Katingan Robertus Pamuryanto, mengatakan untuk vaksinasi tahap pertama seperti Tenaga kesehatan dan juga secara simbolis ada 10 pejabat tinggi maupun tokoh agama dengan dosis pertama dan kedua sudah dilaksanakan tidak ada yang batal atau ditunda.

“Untuk tenaga kesehatab tahap dosis kedua akan dilaksanakan mulai besok berturut-turut selama satu minggu ini. Untuk pencapaian terget kita kemaren ada 1040 orang, dan dari 1040 itu sudah tercapai untuk vaksinasi dosis pertama kemaren berjumlah 83 persen. Jadi taget yang diminta oleh provinsi 80 persen untuk katingan tercapai. Jadi katingan untuk sementara ini nomor urut ke 5 dari 13 kabupaten dari capaian target yang ditetapkan provinsi,” jelasnya.

Robertus Pamuryanto, mengimbau agar masyarakat tidak usah takut divaksin, malah apabila sudah divaksinasi membuat kondisi tumbuh menjadi percaya diri, merasa lebih kuat mempunyai kekebalan tubuh melawan covid ini.

“Harapan saya karena vaksinasi ini akan diberikan ke seluruh masyarakat dan tentunya masyarakat ikut mendukung kegiatan ini dan siap di vaksinasi. Apabila sudah di vaksin maka masyarakat akan mendapat bukti sertifikat, vaksin ini juga halal menurut MUI, dari BPOM juga sudah di uji dan keamanannya sudah dijamin,” pungkasnya.

Perlu diketahui, usai divaksinasinya Wakil Bupati Katingan, dilanjutkan dengan Bupati Katingan Sakariyas, bersama Istri Daurwaty juga melaksanakan vaksinasi tahap pertama pada Rabu 17 Februari 2021, dengan datang ke RSUD Mas Amsyar Kasongan.

Selesai menjalani vaksinasi, Bupati Sakariyas dan istri Daurwaty kemudian dilakukan proses observasi kemungkinan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) selama 30 menit.

(Annas/beritasampit.co.id)