Kemenag Kalteng Serahkan Bantuan Sosial Kepada Umat Buddha

IST/BERITA SAMPIT - Kakanwil Kemenag Kalteng, Abdul Rasyid (tiga dari kiri) saat berfoto bersama dengan Pembimbing Masyarakat Buddha Partiyem (dua dari kiri) dan perwakilan umat Buddha.

PALANGKA RAYA – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bimbingan Masyarakat Buddha menyerahkan bantuan sosial bagi sejumlah umat Buddha, Selasa 16 Februari 2021. Bantuan tersebut berupa rehab rumah ibadah, Kelompok Kerja Guru (KKG), maupun Sekolah Minggu Buddha (SMB).

Bantuan pembangunan rumah ibadah Vihara Graha Sailendra sebesar Rp. 400 juta. Kemudian bantuan renovasi rumah ibadah Vihara Avalokitesvara Sampit dan Vihara Nagarjuna masing-masing sebesar Rp. 50 juta. Selanjutnya, bantuan rumah ibadah sehat Vihara Buddha Bentot Barito Timur dan Vihara Brahma Vajra Palangka Raya masing-masing sebesar Rp. 20 juta. Bantuan operasional lembaga pendidikan agama Buddha bagi MGMP Provinsi Kalteng, KKG Provinsi Kalimantan Tengah, dan KKG Kota Palangka Raya masing-masing sebesar Rp. 10 juta.

Terdapat pula bantuan sarana dan prasarana SMB Kasih Sampit sebesar Rp. 15 juta, serta bantuan operasional lembaga pendidikan keagamaan Buddha SMB Metta Pangkalan Bun, SMB Graha Sailendra Pangkalan Bun, SMB Dharma Mula Sampit, SMB Kasih Sampit, SMB Gabi Vas Sampit, SMB Nagarjuna Palangka Raya, SMB Kalyanamitta Palangka Raya, SMB Sariputra Palangka Raya, SMB Gabi Vab Palangka Raya, SMB Gotama Muara Teweh masing-masing sebesar Rp. 10 juta.

BACA JUGA:   Rayakan Kemenangan, Tim Paslon Prabowo-Gibran Kabupaten Lamandau Gelar Syukuran 

Melalui rilis yang diterima, Kamis 18 Februari 2021, Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha, Partiyem menyampaikan bahwa bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Kalteng Abdul Rasyid. Dia berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan pelayanan sesama umat Buddha, dan meminta kepada penerima bantuan untuk untuk mengikuti setiap petunjuk teknis dan ketentuan yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:   Fairid Siap Maju Kembali pada Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

“Karena anggaran yang dikucurkan ini sudah ada mekanisme untuk penyalurannya, mohon bapak dan ibu bisa mengikuti juknis yang telah ada. Agar nantinya dapat dicairkan dan dipertanggungjawabkan kepada negara,” ucapnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Kalteng Abdul Rasyid mengatakan, program bantuan itu merupakan wujud hadirnya pemerintah melalui Kementerian Agama dalam upaya meningkatkan semangat melayani sesama umat.

“Saya berharap rumah ibadah yang nantinya akan direhab dan dibangun dapat meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama. Begitu juga bagi penerima bantuan operasional, jadikan ini sebagai pemicu semangat dalam bekerja,” kata Abdul Rasyid.

Abdul Rasyid menitip pesan agar selalu menjaga kerukunan umat beragama di Kalimantan Tengah. Jangan mudah terpancing gesekan-gesekan yang bisa menimbulkan konflik perpecahan. (Hardi/beritasampit.co.id).