Kodim 1017/lmd dan Polres Lamandau Sosialisasikan Desa Tangkal Covid- 19

IST/BERITA SAMPIT : Dandim 1017/Lmd Letkol Inf Hafes Isjafrin dan Polres Lamandau AKBP Arif Budi Purnomo saat peninjauan pos di Desa Purworejo.

NANGA BULIK – Kodim 1017/Lmd (Lamandau) dan Polres Lamandau mengecek langsung desa-desa dan kelurahan membentuk pos-pos untuk menangkal penyebaran Covid-19 atau Virus Corona.

Dandim 1017/Lmd Letkol Inf Hafes Isjafrin mengatakan pengecekan pos desa dan juga Ketua RT setempat sebagai bentuk sinergitas TNI dan Polri dalam memutuskan rantai penyebaran virus Covid 19 di setiap wilayah khususnya wilayah Kelurahan Bulik.

“Pos-pos ini sebagai bentuk sinergitas kita antara TNI dan Polri untuk menangkal penyebaran covid 19 di RT dan Desa, dan juga permasalahan yang sering timbul di dalam masyarakat, yaitu kenakalan remaja dan juga masalah ekonomi,” Ucapnya saat dikonfirmasi lewat telpon, Kamis 18 Februari 2021

Posko yang ada akan di bentuk tim untuk mengantisipasi permasalahan covid 19 dan juga warga, tim tersebut terdiri dari Kepala Desa, aparat desa, Ketua RT, Kamtinmas, Babinsa dan Babinkamtibmas, medis, tokoh agama, Tokoh adat dan relawan.

Harfes juga menjelaskan posko ini sebagai bentuk komunikasi dan koordinasi berkenaan dengan penyebaran covid-19 ataupun hal-hal permasalahan lain yang timbul di lingkungan masyarakat.

“Baik berkenaan tentang masalah ekonomi dan permasalahan sosial tentang kenakalan remaja, kita akan langsung menerima laporan dan langsung menangani anak muda yang kadang meresahkan masyarakat. Seperti perkelahian, miras, narkoba ataupun kenakalan remaja yang lainnya, dan Alhamdulillah hal tersebut tidak ada, ini sebagai bentuk sinerginitas TNI, Polri, dan Masyarakat,” ungkap Dandim

Sementara itu, Kapolres Lamandau AKBP Arif Budi Purnomo menyampaikan bahwa dalam posko tangkal covid -19 ini, masyarakat harus lebih jeli dan hati-hati dalam mengecek dan memeriksa masyarakat yang keluar masuk dari desa atau daerah lain.

“Lebih di tingkatkan lagi kepedulian lingkungan, laporkan masyarakat yang melihat masyarakat lain dengan gejala covid- 19. Bahkan kalau bisa masyarakat harus sudah memiliki kesadaran untuk melaporkan dirinya sendiri bila dirasa ada gejala tertular covid-19,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut Dandim1017/lmd Inf Harfes Isjafrin menghimbau agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan dengan kebiasaan baru (News Normal) tetap melaksanakan 3M yaitu, memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak, serta jaga mobilitas yang berlebihan.

“Jangan ragu untuk tegakkan disiplin, masyarakat harus dapat lebih ditertib lagi dalam menerapkan prokes dan semoga semua dapat terhindar dari covid-19, dan wabah ini bisa cepat teratasi,” Pungkasnya.

(Andre/beritasampit.co.id)